Morbidelli Percaya Diri Sejak Awal

Sabtu, 26 Desember 2020 - 02:02 WIB
loading...
Morbidelli Percaya Diri Sejak Awal
Franco Morbidelli menjadi runner-up MotoGP 2020/Foto/michelinmotorsport.com
A A A
SEPANG - Pembalap Tim Petronas Yamaha SRT Franco Morbidelli menjadi runner-up MotoGP 2020. Torehan itu sedikit mengejutkan lantaran pembalap asal Italia itu tidak diunggulkan. Namun, Morbidelli justru sudah memprediksi dirinya bakal tampil baik di musim lalu, bahkan sejak pramusim di MotoGP Qatar .

Morbidelli hanya tertinggal 13 angka dari Joan Mir yang merebut gelar juara dunia MotoGP 2020. Dia tiga kali juara seri dan lima kali naik podium. Sedangkan Mir hanya sekali juara dan tujuh kali podium. (Baca juga: Marquez Sesumbar Tak Gentar Hadapi Joan Mir di MotoGP 2021 ).

Prestasi itu cukup membanggakan, mengingat Morbidelli tak terlalu bersinar bersama Petronas di MotoGP 2019. Tapi, sejatinya Morbidelli justru merasa sudah cukup yakin bahwa dirinya bisa berbuat banyak di MotoGP 2020. Hal itu bahkan sudah dirasakan Morbidelli sebelum MotoGP 2020.

Morbidelli merasa yakin bisa tampil baik di MotoGP 2020 karena dia menilai motor YZR-M1 di musim 2020 sangat baik. Ia pun mengaku sudah mulai memahami kinerja motor pabrikan asal Jepang tersebut dengan baik sejak tes pramusim di Qatar. (Baca juga: Gabung Ducati, Johann Zarco Optimistis Tatap MotoGP 2021 ).

Dengan segala hal tersebut itulah Morbidelli pun mantap mengendarai kuda besi Yamaha itu hingga akhirnya bisa merebut podium pertamanya di kelas MotoGP ketika musim 2020 baru memasuki seri ketiga, yakni di MotoGP Republik Ceko .

Morbidelli pun tak kaget karena ia sejak awal sudah merasa semakin mengenal motor Yamaha. Dengan semakin mengenal, ia pun bisa memaksimalkan potensi motor dan kemampuannya dalam balapan. (Baca juga: Penasaran Rekrut Fabio Quartararo, Ducati Rela Tunggu Hingga 2023 ).

“Saya sudah merasa lebih nyaman dengan motor. Mungkin karena saya sudah mengenal (motor) jauh lebih baik. Terbukti di Qatar (Sirkuit Losail) kami sudah melakukan kemajuan dan kami harus terus mempertahankannya,” ujar Morbidelli, melansir dari Petronas Yamaha SRT, Jumat (25/12/2020).

Sebelumnya ketika baru bergabung dengan Petronas Yamaha pada 2019 silam, Morbidelli memang kesulitan dengan motor tim tersebut. Apalagi ia saat pertama kali naik ke kelas MotoGP, Morbidelli langsung mengendarai motor Honda dan bukan Yamaha.(Baca juga: Joan Mir Optimis Bisa Redam Marc Marquez di MotoGP 2021 ).

Saat naik ke kelas MotoGP, Franco Morbidelli tepatnya menggunakan motor Honda bersama Marc VDS. Penampilan Morbidelli bersama Petronas Yamaha terbilang cukup luar biasa di musim pertamanya mengendarai motor YZR-M1. Ia mampu finis di urutan ke-10 pada klasemen akhir pembalap MotoGP 2019.

Jauh lebih baik ketimbang saat Morbidelii masih kendarai Honda, di mana pada saat itu dirinya hanya bisa di peringkat ke-15. Tentu banyak yang berpikir tampaknya pembalap asal Italia itu sangat cocok dengan kinerja dari YZR-M1 buatan Yamaha tersebut.

Akan tetapi, pada kenyataannya di MotoGP 2019 itu Morbidelli masih kesulitan untuk beradaptasi dengan motor Yamaha. Terbukti saat masih di Marc VDS, Morbidelli hanya terjatuh satu kali saja di balapan seri Valencia.

Sedangkan saat di Petronas Yamaha, Morbidelli tercatat mengalami kecelakaan sebanyak enam balapan. Itu semua menjadi bukti bahwa Morbidelli masih belum terlalu menaklukkan YZR-M1.
(sha)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1258 seconds (10.177#12.26)