Meski Dimutasi ke Tim Satelit, Yamaha Tetap Minta Rossi Kembangkan YZR-M1

Senin, 28 Desember 2020 - 02:30 WIB
loading...
Meski Dimutasi ke Tim Satelit, Yamaha Tetap Minta Rossi Kembangkan YZR-M1
Valentino Rossi telah dipastikan tidak akan lagi membela tim pabrikan Yamaha pada MotoGP 2021. Tapi, bantuannya tetap diminta untuk mengembangkan motor YZR-M1. Foto: Moto Riders Universe
A A A
LESMO - Valentino Rossi telah dipastikan tidak akan lagi membela tim pabrikan Yamaha pada MotoGP 2021. Pembalap asal Italia itu sudah tak lagi memiliki kontrak di Monster Energy Yamaha dan pada akhirnya memutuskan pindah ke tim lain.

( Doakan Marquez Cepat Pulih, Vinales: Dia Memotivasi Anda untuk Lebih Cepat )

Menariknya, The Doctor hanya menyebrang saja dari tim pabrikan ke tim satelit Yamaha. Tim yang dimaksud adalah Petronas Yamaha SRT yang baru dua musim bergabung dengan MotoGP mulai edisi 2019.

Meski biasanya pembalap tim satelit tak ikut campur dalam hal pengembangan motor terbaru tim pabrikan, hal berbeda justru akan dirasakan Rossi. Sebab, Yamaha akan tetap meminta bantuannya untuk mengembangkan motor YZR-M1.

Seperti apa yang dikatakan Managing Director Yamaha, Lin Jarvis, Rossi tetap akan mendapatkan peran yang penting untuk tim pabrikan meski pada MotoGP 2021 nanti akan membela tim satelit bersama Franco Morbidelli.

Jarvis berjanji akan memberikan Rossi motor yang sama persis seperti yang digunakan dua rider tim pabrikan Yamaha, yakni Maverick Vinales dan juga Fabio Quartararo. Jadi, ketiga pembalap tersebut akan berperan penting dalam mengembangkan motor Yamaha.

“Dia akan mengendarai motor pabrikan dengan spek yang sama dengan pembalap pabrikan. (seperti Vinales dan Quartararo). Memang benar bahwa beberapa pengembangan akan lebih banyak dipimpin oleh tim pabrikan, tetapi Valentino adalah bagian yang sangat penting dari pengumpulan data kami,” cerita Jarvis, seperti yang dikutip dari Motorsport.

Jarvis merasa dengan banyaknya pembalap yang bertugas untuk mengembangkan motor, maka akan semakin mudah tim mereka untuk bisa menemukan kuda besi terbaik. Lagipula Rossi sudah 15 tahun bersama Yamaha.

Jadi, Jarvis yakin Rossi adalah sosok yang paling mengenal motor Yamaha dan tahu apa saja hal yang harus diperbaiki. Sebab itulah Jarvis dan Yamaha tetap mengandalkan Rossi untuk tampil baik di MotoGP 2021.

“Memiliki lebih banyak pembalap di lintasan itu penting dan tidak diragukan lagi teknisi kami akan melihat data Fabio, Maverick, dan Valentino untuk mengembangkan dan memajukan lebih lanjut motor pabrikan,” tambahnya.

( Pembalap Tertua Kedua, Aleix Espargaro Tak Gentar Rider Muda )

“Tidak lupa kami juga akan mendapatkan beberapa informasi menarik juga dari keberadaan Franky Morbidelli di luar sana (dengan motor yang lebih lama atau keluaran 2020 kemarin),” tutupnya.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1476 seconds (0.1#10.140)