Cristiano Ronaldo, Maestro Lapangan Hijau dengan Segudang Prestasi

Senin, 28 Desember 2020 - 06:20 WIB
loading...
Cristiano Ronaldo, Maestro Lapangan Hijau dengan Segudang Prestasi
Cristiano Ronaldo tidak pernah berhenti mengukir prestasi. Kali ini penyerang Juventus itu merebut penghargaan Globe Soccer Awards Player of the Century’. Foto: reuters
A A A
TURIN - Cristiano Ronaldo tidak pernah berhenti mengukir prestasi. Kali ini penyerang Juventus itu merebut penghargaan Globe Soccer Awards 'Player of the Century’ dengan mengalahkan Lionel Messi (Barcelona) dan Mohamed Salah (Liverpool).

( Kalahkan Messi dan Salah, Cristiano Ronaldo Jadi Pemain Terbaik Abad Ini )

Ronaldo cukup pantas menerima pengharagaan itu. Sebab, dia mencatat banyak prestasi selama hampir dua dekade atau mulai periode 2001-2000. Bintang bernama lengkap Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro itu bisa dianggap sebagai salah satu pemain tersukses di dunia.

Lahir pada 5 Februari 1985 di Madeira, Portugal, Ronaldo mengejar impiannya dengan masuk akademi Andorinha, Nacional dan Sporting CP. Pada tahun 2000, dia mulai meniti karier ditingkat profesional dengan masuk Sporting CP B.

Pada tahun yang sama, Ronaldo kemudian dipromosikan ke tim senior, dimana bisa mencetak lima gol dari total 31 laga. Bakatnya diketahui pelatih Sir Alex Ferguson dan kemudian memboyongnya ke Manchester United (MU) pada 2003.

Saat itu Ronaldo menjadi pemain Portugal pertama yang membela MU. Bersama Setan Merah, popularitasnya semakin meningkat. Berkat aksinya yang kerap menampilkan skill hebat, dia menjadi idola baru.

Torehan luar biasa diukir Ronaldo selama menemani MU. Enam musim bertugas di Old Trafford, CR7 mendulang total 118 gol dari 292 laga. Dia juga menggondol sembilan gelar bergengsi, seperti Liga Primer (3) dan Liga Champions (1).

Hal itu membuat Real Madrid tertarik memboyongnya pada 2009 dengan mahar 94 juta euro. Itu memungkinkannya masuk jajaran pemain termahal di dunia. Di Santiago Bernabeu, Ronaldo terus menujukan sinarnya.

Ya, 450 gol dari total 438 laga bisa disumbangkannya bagi Madrid selama sembilan musim mengabdi. Itu menjadikannya pemain tersubur Los Blancos sepanjang masa. Itu ditambah 15 titel bergengsi. Dua trofi LaLiga serta empat gelar Liga Champions termasuk diantaranya.

Hebatnya lagi, Ronaldo masih bisa berprestasi ketika direkut Juventus seharga 100 jua euro pada Juli 2018. Selama periode itu, dia membantu La Vecchia Signora menggondol tiga gelar, diantaranya dua Scudetto secara beruntun dan mencatat 81 gol dari 103 partai secara keseluruhan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3933 seconds (0.1#10.140)