Mick Doohan Kecewa Dovizioso Pilih Cuti ketimbang Jadi Pembalap Penguji

Senin, 04 Januari 2021 - 12:05 WIB
loading...
Mick Doohan Kecewa Dovizioso Pilih Cuti ketimbang Jadi Pembalap Penguji
Legenda MotoGP, Mick Doohan kecewa dengan keputusan Andrea Dovizioso yang memilih untuk cuti sementara waktu. Foto: motogp
A A A
TURIN - Legenda MotoGP , Mick Doohan kecewa dengan keputusan Andrea Dovizioso yang memilih untuk cuti sementara waktu. Menurutnya, pemnbalap asal Italia itu harus tetap berada di kompetisi tersebut sekali pun hanya menjadi test rider.

( Marc Marquez Masih Favorit Kampiun MotoGP 2021 )

Bagi Doohan, Dovizioso bisa menjadi pembalap pengembang yang menjanjikan. Dia percaya Dovizioso bisa memberikan dampak yang positif untuk tim yang akan menyewanya menjadi pembalap tes di MotoGP 2021.

Sebab sekarang ini Doohan merasa pembalap pengembang harus sangat cepat. Hal itu karena perkembangan tim-tim di MotoGP begitu pesat. Untuk bisa saling mengimbangi, tim peserta membutuhkan test rider agar bisa meningkatkan kualitas motor.

Doohan mengambil contoh kasus Dani Pedrosa. Pedrosa yang tampil mengagumkan bersama Repsol Honda berhasil menjadi test rider yang handal di KTM dan membuat tim tersebut tampil luar biasa di MotoGP 2020.

Dengan sudah adanya bukti nyata seperti Pedrosa, Doohan menilai Dovizioso bisa menjadi seperti pembalap berjuluk The Little Spaniard itu jika jadi pembalap pengembang. Dia percaya Dovizioso bisa sukses menjadi test rider, walau sebenarnya lebih senang melihatnya balapan.

“Kami telah melihat bahwa Pedrosa bisa membuat kemajuan untuk KTM. Dengan Pedrosa mereka telah menemukan seseorang yang dapat membawa proyek ke arah yang benar,” terang Doohan, seperti yang diwartakan Tuttomotoriweb.

“Saya merasa Dovizioso bisa serupa. Seseorang seperti Dovizioso bisa menjadi tambahan untuk sebuah tim. Apalagi di MotoGP saat ini, diperlukan pembalap penguji yang cepat dan berpengalaman. Di zaman saya, pembalap penguji biasanya beberapa detik lebih lambat (dari pembalap utama),” tambahnya.

Itulah harapan dan pendapat Doohan. Namun, pada akhirnya Dovizioso tetap memilih untuk cuti sejenak di MotoGP 2021. Rider yang telah berpisah dengan tim pabrikan Ducati di akhir musim 2020 itu terpaksa menganggur karena tak ada lagi tempat untuknya di musim depan.

( Bos Petronas Yamaha Minta Morbidelli Tampil Lebih Kompetitif )

Dovizioso sempat berjanji akan mencoba untuk kembali ke MotoGP pada 2022. Dia akan mencoba mencari tim yang sekiranya masih mau menampungnya saat itu.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1177 seconds (0.1#10.140)