Siapa Pemecah Rekor Pele, Messi atau Ronaldo?

Selasa, 05 Januari 2021 - 12:33 WIB
loading...
Siapa Pemecah Rekor Pele, Messi atau Ronaldo?
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo berpeluang besar melampaui rekor legenda sepak bola Pele. Foto/dok
A A A
BARCELONA - Minggu, 20 Desember 2020, penyerang Barcelona Lionel Messi disebut telah memecahkan rekor Pele untuk catatan mencetak gol bersama satu klub. Senin, 3 Januari 2021, giliran Cristiano Ronaldo yang memecahkan rekor keseluruhan gol mantan pemain Brasil tersebut.

Menurut catatan yang ada, Pele sempat disebut berhasil melesakkan 643 gol sepanjang kariernya bersama Santos. Dia menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Santos sepanjang masa dengan 643 gol dari 656 pertandingan. Membela Santos sejak usia 15, Pele memimpin klub ke Copa Libertadores 1962 dan 1963, dan Piala Interkontinental 1962 dan 1963. (Baca: Cetak Brace Saat Juventus Bantai Udinese, Ronaldo Lewati Rekor Pele)

Rekor sebagai pemain dengan gol terbanyak satu klub itu bertahan sampai 46 tahun sebelum kemudian dipatahkan Messi saat mencetak gol ke gawang Valencia pada jornada ke-14 Primera Liga. Messi membuat gol pada masa injury time babak pertama melalui sundulan, menyambut umpan Jordi Alba yang sempat membentur kaki pemain lawan.

Gol tersebut membuat Messi telah mengoleksi 643 gol bersama klub asal Catalan tersebut dari 748 pertandingan di semua kompetisi bagi Barcelona. "Selamat atas catatan sejarahmu, Lionel. Namun, di atas segalanya, selamat atas perjalananmu di Barcelona," tulis Pele di akun instragram pribadinya beberapa waktu lalu. (Baca juga: Tanpa Lionel Messi, Barcelona Kedodoran di LaLiga)

Hanya saja, klaim itu ternyata dibantah pihak klub. Seperti dikutip dari the Sun, klub Brasil itu menyatakan Pele sebenarnya telah membukukan 1.091 gol selama bermain di klub tersebut. Menurut Santos, selisih 448 gol lainnya dicetak Pele 'melawan klub dan tim utama pada musim tertentu', lebih tepatnya pada laga persahabatan dan uji coba.

Seperti laga melawan Inter Milan, River Plate, Boca Juniors, Racing, Universidad de Chile, Real Madrid, Juventus, Lazio, Napoli, Benfica Anderlecht, dan Barcelona belum disertakan. Padahal, mereka menyebut laga-laga itu digelar secara resmi dan sesuai aturan FIFA.

"Angka 643 gol di kompetisi, sedangkan 448 gol lainnya dicetak pada laga persahabatan dianggap sebelah mata seolah-olah itu nilainya lebih rendah dibanding yang lain," tulis Santos di laman resmi klub, seperti dilansir situs resmi Santos, dikutip The Sun. (Baca juga: Positif Covid-19, Kevin Sanjaya Batal Tampil di Thailand Open)

Senin (3/1), giliran Ronaldo memecahkan rekor Pele. Dua gol ke gawang Udinese dalam kemenangan Juventus di Serie A membuat pemain asal Portugal itu berhasil mengoleksi 758 gol sepanjang kariernya di level klub dan timnas.

Rinciannya, 450 gol bersama Real Madrid, Manchester United (118), Juventus (83) dan Sporting Lisbon (5). Ditambah 102 gol bersama Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo telah mengemas 758 gol di level profesional. Jumlah tersebut itu membuat dia unggul satu gol dari Pele.

Menurut catatan resmi yang diakui, Pele memiliki 757 gol sepanjang kariernya bersama klub dan timnas; Pele memiliki 688 gol bersama klub (Santos dan New York Cosmos) dan 77 lainnya saat mengenakan jersey timnas Brasil. (Lihat videonya: Bangkai Pesawat Diduga Air Asia Ditemukan di Kalteng)

Namun, Ronaldo belum menjadi pemain dengan gol terbanyak. Dia masih terpaut satu gol dari legenda asal Austria-Cekoslovakia, Josef Bican. Semasa kariernya dari 1931 hingga 1955, Josef Bican mengoleksi 759 gol! Hanya saja, rekor ini bisa jadi akan dimentahkan jika mengacu pada klaim dari Santos, di mana Pele sudah mencetak lebih dari seribu gol hanya bersama satu klub. (Ma'ruf)
(ysw)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2009 seconds (11.210#12.26)