Empat Jenis Posisi Pemain Bola Voli dan Penjelasannya

Rabu, 06 Januari 2021 - 23:02 WIB
loading...
Empat Jenis Posisi Pemain Bola Voli dan Penjelasannya
Empat Jenis Posisi Pemain Bola Voli dan Penjelasannya
A A A
JAKARTA - Empat jenis posisi pemain bola voli . Setiap posisi memiliki sebutan berbeda karena tugasnya tidaklah sama. Sebutan untuk keempat posisi itu adalah server, spiker/smasher, set-upper/tosser, dan libero/defender.

Posisi pertama yang akan dibahas adalah server. Sebab, pemain di posisi itu yang akan memulai pertandingan dengan servisnya ke lawan. Setelah melakukan servis pemain biasanya akan kembali ke tengah lapangan untuk berganti posisi menjadi skipper atau set-upper.

(Ikuti Survei SINDOnews: Mencari Calon Presiden 2024 )

Posisi selanjutnya adalah spiker yang diisi oleh dua pemain. Pemain di posisi skiper berada di depan net dan dekat set-upper. Spiker berperan penting untuk mencetak poin bagi timnya. (Baca Juga: Pevoli Cantik Tatyana Demyanova Diam-diam Idolakan Floyd Mayweather )

Namun, tugas spiker tidak hanya untuk mencetak poin, tetapi juga melakukan blocking pertama pada serangan lawan. Meski begitu, tugas utama spiker adalah menghasilkan poin untuk timnya ketika menyerang.

Namun, spiker tidak bisa bekerja sendirian untuk mencetak poin. Spiker butuh bantuan dari rekan setimnya, terutama set-upper yang bertugas mengatur permainan. Set-upper dimainnkan oleh satu pemain.

Set-upper memiliki hak untuk memberikan perintah kepada rekan setimnya karena tugasnya. Set-upper yang akan mengumpan bola kepada pemain lain sehingga serangan bisa berjalan lancar sesuai strategi.

Lalu, posisi terakhir adalah libero yang diisi oleh dua pemain. Tugas utama libero adalah menahan atau mengembalikan serangan lawan sehingga timya punya peluang mencetak poin. (Baca Juga: Alasan Cristiano Ronaldo Tak Kunjung Nikahi Georgina Rodriguez )

Agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik, libero harus menguasai passing, baik bawah maupun atas. Ketika bertahan, Libero bebas keluar masuk, tetapi tidak boleh membantu blocking ataupun melakukan smash. Jika tim diserang, libero berada di belakang blocker.

Setiap posisi bisa ditempati oleh keenam pemain dalam sebuah tim secara bergantian. Sebab, setiap kali servis dilakukan maka pemain akan bertukar posisi searah jarum jam. Pergantian posisi dilakukan oleh tim yang melakukan servis. Itu adalah aturan yang berlaku dalam permainan voli.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1927 seconds (0.1#10.140)