Menpora Beberkan Dua Target Indonesia di SEA Games 2021

loading...
Menpora Beberkan Dua Target Indonesia di SEA Games 2021
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali membicarakan soal target yang dibebankan kepada para atlet Indonesia di SEA Games 2021. Foto: okezone
JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga ( Menpora ) RI, Zainudin Amali membicarakan soal target yang dibebankan kepada para atlet Indonesia di SEA Games 2021. Dia membeberkan ada dua misi yang diharapkannya bisa dicapai.

Baca Juga: GBK Ditutup Selama PPKM, Menpora Singgung Nasib Pelatnas Cabor

Pertama, adalah soal peringkat. Amali berharap ada peningkatan soal peringkat Indonesia di gelaran SEA Games kali ini. Diharapkan kontingen wakil Tanah Air meraih lebih banyak kemenangan agar posisinya bisa lebih baik dari edisi sebelumnya.

Pada gelaran SEA Games 2019, Indonesia hanya bisa duduk di peringkat keempat pada klasemen akhir. Tim Merah Putih total menapatkan 267 medali yang terdiri dari 72 medali emas, 84 perak, dan 111 perunggu.



Posisi pertama ditempati tuan rumah Filipina yang meraih 387 medali. Raihan itu terdiri dari 149 emas, 117 perak, dan 121 perunggu. Sedangkan posisi kedua dan ketiga ditempat oleh Vietnam dan Thailand.

Baca juga: Puan, Sandi, hingga Erick Dinilai Layak Jadi Ketua Umum PASI

Selain memperbaiki peringkat, Amali juga punya target khusus untuk cabang olahraga (cabor) sepak bola. Dia ingin Indonesia bisa mendulang medali emas yang sejauh ini selalu gagal diraih sejak diikuti Timnas U-23.



“Di internal Kemenpora, kita sedang membuat kalkulasi dari 40 cabor yang dipertandingan di SEA Games Vietnam nanti kira-kira mana yang potensinya,” ujar Amali dalam konferensi pers secara virtual.

“Kita belum berbicara dengan masing-masing cabor soal targetnya, tapi saya sudah minta dengan teman-teman untuk menghitung supaya kita ada perbaikan peringkat dari SEA Games lalu. Jadi masih arahan umum yang diberikan kepada mereka,” lanjutnya.

“Tapi, sudah disampaikan, ada dua target dari saya. Pertama, peningkatan peringkat dari SEA Games lalu. Kedua, harus diupayakan bagaimana cabor sepakbola bisa medali emas itu. Teman-teman sudah menghitung-hitung arahan saya itu,” jelas Menpora Zainudin Amali.

Baca Juga: Hasil Pertandingan Wakil Indonesia di Thailand Open, Rabu (13/1/2021)

Gelaran SEA Games 2021 akan digelar pada 21 November hingga 2 Desember. Vietnam akan menjadi tuan rumah dalam penyeenggaraan kali ini.
(mirz)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top