Tes di Sepang Dibatalkan, MotoGP Tambah Durasi Uji Pramusim di Qatar

Sabtu, 16 Januari 2021 - 08:01 WIB
loading...
Tes di Sepang Dibatalkan, MotoGP Tambah Durasi Uji Pramusim di Qatar
MotoGP mengumumkan penambahan durasi tes pramusim 2021 di Sirkuit Losail, Qatar. Ini terjadi imbas pembatalan tes pertama di Sirkuit Sepang, Malaysia. Foto:
A A A
LOSAIL - MotoGP mengumumkan penambahan durasi tes pramusim 2021 yang akan berlangsung di sirkuit Losail , Qatar. Ini terjadi imbas pembatalan tes pertama yang seharusnya akan berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia.



Setelah pembatalan tes pramusim 2021 di Sirkuit Sepang, Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP melakukan pertemuan dengan tim peserta. Agenda untuk mengonfirmasi tentang adanya revisi pada jadwal persiapan.

Baca Juga: Mandalika Jadi Tuan Rumah MotoGP, Sandiaga Beri Kemudahan UMKM

“Menyusul pertemuan baru-baru ini antara organisasi kejuaraan dan tim kelas MotoGP, perubahan pada jadwal tes telah disepakati,” tulis pernyataan MotoGP dalam laman resminya.

Hasilnya, tes pramusim Malaysia tidak akan dipindahkan ke tempat lain. Akan tetapi, tes pramusim MotoGP 2021 yang berlangsung di Qatar akan bertambah durasi. Sebelumnya tes pramusim Qatar direncanakan pada 10-12 Maret.

Setelah direvisi, akan ada tambahan waktu tiga hari untuk menyelesakan persiapan para pembalap pada musim ini. Tiga hari tambahan tersebut terdiri dari dua hari jadwal tes resmi dan satu hari tes shakedown.

“Dua hari tes resmi tambahan dan satu hari tes shakedown sekarang juga akan diadakan di Sirkuit Losail pada Maret,” lanjut pernyataan MotoGP.

Tiga hari tambahan tersebut akan berlangsung pada 5-7 Maret. Pada 5 Maret akan dilakukan tes shakedown yang akan diikuti pembalap penguji atau test rider serta para pembalap rookie. Sedangkan pada 6-7 Maret, semua pembalap dapat bertartisipasi dalam dua hari tes resmi.

Perubahan ini membuat tim dan pembalap MotoGP hanya akan dapat merasakan satu trek selama tes pramusim. Karena itu, adanya waktu tambahan tes pramusim di Qatar harus benar-benar dimanfaatkan para pembalap, terutama bagi mereka yang berganti tim pada musim ini.



Meski begitu, MotoGP tidak menyebutkan tentang adanya kemungkinan perubahan untuk tanggal musim MotoGP pada 26-28 Maret. Termasuk adanya rencana lain untuk menjadikan Sirkuit Losail sebagai balapan ganda.

Jadwal Tes Pramusim MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, Qatar
3-4 Maret: Persiapan
5 Maret: Tes Shakedown untuk pemula dan test riders
6-7 Maret: Tes resmi
10-12 Maret: Tes resmi
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2943 seconds (0.1#10.140)