Ismed Beberkan Sumber Inspirasi untuk Miliki Keahlian Mengumpan di Persija

Senin, 18 Januari 2021 - 19:05 WIB
loading...
Ismed Beberkan Sumber Inspirasi untuk Miliki Keahlian Mengumpan di Persija
Veteran Persija Jakarta, Ismed Sofyan dianggap salah satu bek sayap terbaik yang masih bermain hingga. Konon, Manchester United (MU) jadi sumber inspirasinya. Foto: persija
A A A
JAKARTA - Veteran Persija Jakarta , Ismed Sofyan dianggap salah satu bek sayap terbaik yang masih bermain di kompetisi Indonesia hingga sekarang. Pemain yang kini sudah berusia 41 tahun itu dinilai konsisten disetiap musimnya.



Walau Liga 1 2020 masih tertunda akibat pandemi virus Corona, secara teknis Ismed sudah 19 musim mengawal pertahanan Persija atau sejak 2002. Bisa dibilang, dia tidak pernah tergantikan di kubu Macan Kemayoran.

Mantan pemain Persijatim itu juga sukses mencatat prestasi bersama Persija dengan menjuarai Liga 1 2018 dan Piala Presiden 2018. Hebatnya, meski jadi bek sayap, Ismed dikenal punya akurasi umpan yang terbilang akurat untuk memanjakan penyerang Persija di Liga 1.

Usut punya usut gaya bertanding Ismed saat di lapangan terinspirasi dari permainan Manchester United (MU) terutama di era 90-an. Ya, saat itu Setan Merah sering mengandalkan pola serangan dari sayap.

“Awalnya saya melihat CD Manchester United. Apalagi saya salah satu fansnya MU. Saat itu saya suka lihat rekaman pertandingan mereka melalui CD,” ujar bekas personel Timnas Indonesia itu, dilansir situs resmi Persija.

Kala itu Ismed menilai umpan silang (MU) sangat bagus. Bahkan duet penyerangnya, yakni Teddy Sherrigham dan Andy Cole, termanjakan oleh umpan umpan dari sayap kanan, terutama dari Gary Neville maupun David Beckham.

“Saya kira gol mereka tercipta 80 persen dari situasi crossing. Dari situ saya terinspirasi dan berkeinginan untuk terus memberikan umpan manja kepada striker yang ada di Persija, seperti yang dilakukan Gary Neville maupun Beckham di MU” tambah Ismed.

Lebih lanjut, pemain berpostur 169 cm ini membeberkan proses bagaimana bisa memiliki umpan silang sangat bagus. Dikisahkan, saat awal-awal bergabung di Persija, dia sering melakukan latihan tambahan di Stadion Menteng.



“Stadion Menteng adalah tempat terbaik untuk melakukan latihan, itu karena dikelilingi pagar dan tembok. Jadi gampang mengumpulkan bolanya. Di sana saya terus mengasah, biasanya latihan tambahan dari 10-15 buah, saya melakukan passing, berlari dan melepaskan umpan,” tutupnya.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3456 seconds (0.1#10.140)