Kidambi Srikanth, Anak Tuan Tanah India Jadi Raja Bulu Tangkis

Senin, 13 April 2020 - 09:59 WIB
loading...
Kidambi Srikanth, Anak Tuan Tanah India Jadi Raja Bulu Tangkis
Kidambi Srikanth, Anak Tuan Tanah India Jadi Raja Bulu Tangkis
A A A
12 April 2018 menjadi tanggal penting dalam sejarah bulu tangkis India. Berkat Kidambi Srikanth, untuk pertama kalinya India menyaksikan kebangkitan salah satu putra terbaiknya menjadi raja bulu tangkis putra nomor satu dunia. Pemain berusia 25 tahun itu mengakhiri pekan kedua di bulan April dengan mengoleksi nilai 76.895 poin.

Dia mengangkangi juara dunia asal Denmark, Viktor Axelsen (75.470). Kidambi memenangkan empat gelar Super Series BWF di Indonesia, Australia, Denmark dan Prancis. Hanya seminggu sebelum mencapai puncak, ia memainkan peran utama dalam keberhasilan India meraih medali emas di Gold Coast Commonwealth Games, mengklaim kemenangan perdananya setelah lima upaya atas Lee Chong Wei dari Malaysia di final.

Prestasi itu manis bagi seorang pria yang lahir dari seorang tuan tanah di kota Guntur, India Selatan. Kidambi mengenal bulu tangkis ketika berusia tujuh tahun di stadion kota dekat rumahnya pada tahun 2000. Bakat Kidambi yang tak perlu dipertanyakan membuatnya mendapat tempat di Akademi Gopichand di Hyderabad, tempat Pullela Gopichand mencambuk anak muda yang masih bugar itu dan mengubahnya menjadi pemain kelas dunia.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pelatih saya, Sir Gopi (Pullela Gopichand), karena telah memercayai saya dan staf pendukung saya karena selalu membimbing saya," tulis Kidambi dai akun media sosialnya. Sayangnya, cedera berulang membuatnya hanya mampu mempertahankan posisi teratas selama seminggu. Kidambi saat ini berada di peringkat ke-14 di dunia.
(and)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2771 seconds (0.1#10.140)