Iniesta: Generasi Emas Barcelona Takkan Terulang

Jum'at, 17 April 2020 - 21:07 WIB
loading...
Iniesta: Generasi Emas Barcelona Takkan Terulang
Lionel Messi dan Andreas Iniesta jadi generasi emas Barcelona yang tak akan terulang. Foto : Goal
A A A
BARCELONA - Pendukung Barcelona jangan terlalu banyak berharap masa keemasan klub sudah redup. Mantan penggawa Blaugrana, Andreas Iniesta mengatakan generasi emas itu takkan terulang.

Iniesta menjadi salah satu generasi emas yang pernah dimiliki Barcelona. Bersama Lionel Messi dan Xavi, Barca sangat disegani di kawasan Eropa bahkan dunia.

Apa yang terjadi saat itu, kata Iniesta, tak lepas dari pembinaan pemain muda di La Masia. Akademi sepak bola di Catalan itu jadi tempat pembibitan bakat-bakat muda untuk Barca.

"Generasi itu tidak akan pernah diulang tetapi yang berikut tidak harus selalu lebih buruk dalam hal bagaimana harga klub. Ini tidak akan pernah sama tetapi tidak harus lebih buruk," kata Iniesta kepada The Guardian, Jumat (17/4).

"Ada segala macam era dalam sejarah klub, para pemain muda terbiasa mendapat peluang di tim utama ketika hasilnya buruk dan mereka harus beralih ke tim junior. Itu terjadi di era saya," ucapnya.

"Tapi kemudian Anda memiliki periode ketika Anda memiliki 10, 11, 12 pemain dari tim junior dalam skuat tim utama. Itu tergantung pada siapa pelatihnya, situasi klub, tetapi saya selalu berpikir bahwa seorang pemain dalam sistem pemuda yang cukup baik untuk bermain di tim utama mencapai tim utama, dalam satu situasi atau yang lain."

"Sudah bertahun-tahun hidup klub ini, tumbuh di sini sejak kami masih sangat muda, masuk ke tim utama dan tinggal di sana selama 10, 12, 15 tahun, menjadi kapten. Kami semua dibentuk di sini sebagai manusia."

"Sulit untuk hal seperti itu terjadi. Ini sangat sulit. Kami berbicara tentang Barcelona, klub dengan pemain terbaik. Victor, Puyol, Xavi, dan saya muncul dalam skenario untuk Busi, Pique, dan Leo. Kami adalah orang-orang yang telah berada di klub sepanjang hidup kami dan kami memiliki 'plus' yang tidak dimiliki orang lain," ujar Iniesta.

Setelah bermain lebih dari 600 pertandingan untuk Barcelona, Iniesta meninggalkan klub pada 2018 dan bermain untuk klub J-League Vissel Kobe. Meskipun keluar dari Camp Nou dipertanyakan, Iniesta ini menekankan bahwa dia terbuka untuk kembali ke klub begitu dia berhenti bermain.

"Saat ini, saya berusaha untuk memperpanjang karier bermain sebanyak mungkin. Saya ingin menendang bola selama yang saya bisa karena itulah yang membuat saya bahagia," katanya.

"Saya mendapat kontak sampai tahun depan, 2021. Namun saya melihat hal-hal di akhir setiap musim dan saya merasa baik, termotivasi. Saya ingin terus bermain dan kami senang berada di sini."

"Ketika itu berakhir, saya selalu mengatakan bahwa saya ingin kembali ke Barca. Itu semua tergantung bagaimana caranya? Dalam peran apa? Situasi apa? Siapa yang ada di klub? Itu agak jauh. Tetapi dengan semua yang saya alami di sana, semua perasaan yang saya miliki, saya ingin kembali."
(bbk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1617 seconds (0.1#10.140)