Klarifikasi AS Roma Tentang Pergantian Enam Pemain

Jum'at, 22 Januari 2021 - 21:51 WIB
loading...
Klarifikasi AS Roma Tentang Pergantian Enam Pemain
Paulo Fonseca./foto/asroma.com
A A A


ROMA - AS Roma sepertinya tidak hanya bermasalah dalam hal konsistensi hasil pertandingan. Mereka juga memiliki masalah dalam memahami regulasi pergantian pemain. Setidaknya, sudah dua kali mereka tersandung kesalahan elementer tersebut. Pertama adalah memasukkan pemain yang belum didaftaran ke Serie A , dan melakukan enam pergantian saat berman di ajang Coppa Italia melawan Spezia di Stadio Olimpico, Rabu (20/1/2021) dini hari WIB.

Pergantian tersebut sempat membuat heboh. Apalagi, meski sudah memasukkan enam pemain pengganti, Il Lupi tetap menelan kekalahan 2-4. Meski pun, kalau menang, mereka akan tetap mendapat sanksi hukuman walk out (WO) karena melanggar peraturan pergantian pemain. Sebagai penutup malu, dua staf Gianluca Gombar dan Manolo Zubiria menjadi korban karena dipecat kurang dari 24 jam setelah pertandingan.

Sebeluminsiden enam pergantian pemain, Roma juga pernah melanggar regulasi tentang pemain. Kejadian itu terjadi pada pekan pertama Serie melawan Hellas Verona, Roma dinyatakan kalah 0-3 meski pertandingan berakhir imbang tanpa gol. Sanksi kalah 0-3 itu diberikan setelahRomamemainkan Amadou Diawara sebagai pengganti pada menit ke-89 menggantikan Gonzalo Villar. Masalah muncul karena AS Roma lupa mendaftarkan Amadou Diawara sebagai pemain senior. Gelandang berusia 23 tahun itu masih tercatat dalam slot U-23, seperti musim lalu ketika usianya masih 22 tahun.

Menanggapi deret kesalahan ini, Fonseca memiliki alasan tersendiri. "Memang benar, kita semua perlu tahu aturannya. Masalahnya adalah aturannya selalu berubah, setiap tahun berubah. Saya tidak ingin lari dari tanggung jawab, tapi sekarang saatnya memikirkan Spezia," kata Fonseca jelang pertandingan melawan Spezia dikutip corrieredellosport.



Alasan Fonseca bisa jadi benar adanya, meski agak aneh karena mereka adalah tim profesional. Benar karena FIFA memperbolehkan setiap tim menggunakan pergantian pemain keenam di babak tambahan. Hanya saja, regulasi itu tidak berlaku di Coppa Italia. Football Italia melaporkan, Coppa Italia tidak mengenal pergantian pemain keenam di babak tambahan. Roma mengganti pemainnya enam kali dengan rincian empat kali di waktu normal dan dua kali di babak tambahan pertama.

Fonseca pun sedang mendapat tekanan karena menelan kekalahan di tiga pertandingan terakhir. Kalah melawan Inter Milan, Lazio dan terakhir Spezia. Beberapa kandidat pelatih bahkan sudah disebut disiapkan menggantikan posisi arsitek tim asal Portugal tersebut. Namun, Fonseca cukup optimistis akan tetap berada di kursi pelatih. "Saya selalu merasakan dukungan dari presiden, bahkan hari ini kami berbicara dan saya merasakan dukungannya lagi. Bagi saya ini bukan pertanyaan,” pungkasnya.
(ruf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2319 seconds (0.1#10.140)