Kanoute Bangun Masjid Pertama di Sevilla dalam 700 Tahun Terakhir

Minggu, 31 Januari 2021 - 23:01 WIB
loading...
Kanoute Bangun Masjid Pertama di Sevilla dalam 700 Tahun Terakhir
Kanoute Bangun Masjid Pertama di Sevilla dalam 700 Tahun Terakhir. Foto: Twitter/frederickanoute
A A A
SEVILLA - Frederick Kanoute saat ini memang sudah pensiun sebagai pesepak bola profesional. Namun, namanya akan selalu dikenang di Sevilla karena jasanya yang giat dalam dalam pembangunan masjid di salah satu wilayah Spanyol tersebut.

Ya, Kanoute adalah sosok pesepak bola muslim yang mungkin akan selalu dikenang oleh orang-orang islam yang menetap di kota Sevilla. Sebab berkat dirinya, kota tersebut akhirnya akan memiliki masjid.



Sebelumnya, menurut laporan dari Al-Jazeera, hampir selama kurang lebih 700 tahun Sevilla tak pernah memiliki masjid. Padahal, umat muslim yang tinggal di Sevilla cukup banyak.

Setidaknya ada 30 ribu umat muslim yang menetap di Sevilla dari perkiraan 2 juta penganut agama islam di Spanyol. Meski ada 30 ribu umat muslim, namun nyatanya sebelum ada Kanoute, kota tersebut tak memiliki masjid.
Kanoute Bangun Masjid Pertama di Sevilla dalam 700 Tahun Terakhir

Hadirnya masjid di kota Sevilla pertama kali diawali dengan sebuah kampanye Kanoute, yakni “Kanoute 4 Seville Mosque”. Melalui kampanye yang dimulai sejak 2019 itu, pemain yang membela Sevilla dari 2005 sampai 2012 tersebut berhasil mengumpulkan dana sebesar 1 juta dollar AS (Amerika Serikat) atau sekira Rp14 miliar sejauh ini.

Jumlah itu sebenarnya masih jauh dari target yang ingin dicapai Kanoute yang diperkirakan membutuhkan dana 13,1 juta dolar Amerika (Rp183 miliar) untuk bisa membangun masjid di kota Sevilla

Baca Juga: Frederic Kanoute Putuskan Pensiun

Akan tetapi, meski masih jauh Kanoute tetap berterima kasih kepada semua orang sudah ikut terlibat dan menyumbangkan sebagian rezekinya untuk membantu pembangunan masjid di kota Sevilla.

“Terima kasih dan semoga Allah memberikan balasan kepada semua orang yang berpartisipasi di dalam kampanye ini,” ucap Kanoute di Twitter pribadinya pada Mei 2020 silam, Minggu (31/1/2021).

Tentunya saat ini jumlah yang dikumpulkan masih terus bertambah dan Kanoute berharap bisa sesegera mungkin membangun masjid di kota yang memiliki kenangan untuk pemain asal Mali tersebut.

Lihat Grafis: Lima Pesepak Bola Muslim Dirikan Masjid

Kanoute merasa sudah seharusnya Sevilla memiliki masjid untuk menjadi tempat beribah kaum muslim. Apalagi, ia sadar di kota tersebut ada banyak panganut agama islam yang kesulitan untuk mencari tempat ibadah.

“Di sini di Sevilla, dengan komunitas Muslim yang terus tumbuh, saya pikir menjadi perlu untuk memiliki tempat yang lebih besar. Jadi sekarang saya pikir inilah saatnya bagi mereka untuk memiliki tempat ibadah yang lebih bermartabat,” ujar Kanoute, menyadur dari The National.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2310 seconds (0.1#10.140)