Gelar Joseph Diaz Dicopot! Overweight, Jojo Diejek Habis-habisan

Sabtu, 13 Februari 2021 - 09:44 WIB
loading...
Gelar Joseph Diaz Dicopot! Overweight, Jojo Diejek Habis-habisan
Gelar Joseph Diaz Dicopot! Overweight, Jojo Diejek Habis-habisan/Boxing Scene
A A A
CALIFORNIA - Gelar Joseph Diaz dicopot! Overweight membuat Jojo diejek habis-habisan karena gelar tinju Kelas Ringan Junior IBFnya dicopot sebelum bertarung melawan Shavkatdzhon Rakhimov. Jojo yang memiliki berat 60,6kg diejek tidak profesional dalam menjaga bobot tubuhnya yang 1,6Kg melebihi batas berat badan Kelas Ringan Junior 59 kg.

Sesuai aturan, sabuk IBF Joseph Diaz dicopot sebelum bertarung. Nasib sial Diaz menjadi kesempatan bagi Rakhimov untuk merebutnya jika mampu menang dalam pertarungan di Fantasy Kasino Springs, California, Amerika Serikat, malam ini.



Pada penimbangan resmi pra-pertarungan hari Jumat, Rakhimov mencapai berat yang masih bisa ditoleransi 58,8kg. Menurut aturan California State Athletic Commission (CSAC), petinju yang beratnya lebih dari dua pon (0,9kg) melebihi batas kontrak tidak diizinkan untuk mencoba menurunkan berat badan kedua kali.

Dengan kejadian itu, gelar IBF kini lowong dan hanya dipertaruhkan untuk Rakhimov yang berbobot 58,8Kg untuk laga pertamanya di Amerika Serikat. Diaz (31-1, 15KO) diejek oleh banyak orang di dunia tinju karena kurangnya profesionalisme, meskipun lawannya tidak tertarik untuk memperburuk situasi.

’’Ini berita buruk bagi semua orang terutama untuk olahraga tinju,” kata German Titov, promotor Rakhimov kepada BoxingScene.com tentang kegagalan Diaz dalam penimbangan. ’’Tentu saja, tidak ada yang bisa kami lakukan tentang itu. Kami tidak memiliki kendali atas Joseph Diaz dan cara dia berlatih,’’lanjutnya.



Insiden tersebut menandai kedua kalinya Diaz absen dalam perebutan gelar. Mengingat banyaknya kehilangan berat badan, Diaz tidak hanya menghadapi denda dari CSAC tetapi juga menempatkan pertarungan dalam risiko tidak terjadi sama sekali. Untuk saat ini, Rakhimov berhak atas setengah dari 20% denda yang dikeluarkan terhadap Diaz (USD100.000 dari bayaran USD500.000 yang akan diterima; masing-masing USD50.000 untuk Rakhimov dan CSAC).
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1346 seconds (0.1#10.140)