Joan Mir Tolak Nomor Balap Juara Dunia MotoGP

Sabtu, 13 Februari 2021 - 21:00 WIB
loading...
Joan Mir Tolak Nomor Balap Juara Dunia MotoGP
Joan Mir Tolak Nomor Balap Juara Dunia MotoGP. Foto: Expres Drives
A A A
PALMA - Sesuai regulasi, pembalap MotoGP berhak menggunakan nomor balap #1 di musim setelah ia memenangkan gelar juara dunia. Joan Mir menolak hak istimewa tersebut.

Pembalap Suzuki Joan Mir memenangkan gelar juara dunia MotoGP 2020 setelah poinnya tak terkejar di GP Valencia, November 2020. Rider 23 tahun asal Spanyol itu menjadi pembalap Suzuki pertama yang kampiun dalam 20 tahun terakhir.



Menjelang musim balap MotoGP 2021, Joan Mir mengumumkan akan tetap menggunakan nomor balap #36 yang telah mengantarnya juara tahun lalu. Bukan tidak tergoda menyandang nomor balap #1, namun kata Joan Mir, pilihan lebih didasari faktor historis.

“Tentu akan menjadi luar biasa untuk menyandang nomor juara dunia. Tapi, nomor balap saya akan tetap #36 sama seperti biasanya karena sudah membawa saya ke tempat ini,” kata Joan Mir dikutip Crash.net, Sabtu (13/2/2021).
Joan Mir Tolak Nomor Balap Juara Dunia MotoGP

Meski menolak menggunakan nomor balap juara dunia di MotoGP 2021, Joan Mir tidak menutup kemungkinan untuk menggunakannya di lain waktu. Pemilik nama lengkap Joan Mir Mayrata itu berharap kemarin bukan gelar terakhirnya di MotoGP.

“Ini bukan berarti saya takkan memilih #1 jika nanti bisa juara lagi. Untuk saat ini, nomor saya adalah #36. Nomor itu cerminan kerja keras.” kata Joan Mir.

Sekadar informasi, Joan Mir bukan pembalap pertama yang menolak menggunakan nomor balap #1 usai kampiun di lintasan balap MotoGP. Rider beken lain seperti Valentino Rossi dan Marc Marquez juga tercatat pernah menolak menyandang nomor istimewa tersebut.

(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1064 seconds (0.1#10.140)