Espargaro Puji Hasil Renovasi Tikungan 10 Sirkuit Catalunya

Senin, 01 Maret 2021 - 08:01 WIB
loading...
Espargaro Puji Hasil Renovasi Tikungan 10 Sirkuit Catalunya
Espargaro Puji Hasil Renovasi Tikungan 10 Sirkuit Catalunya
A A A
BARCELONA - Pembalap Repsol Honda , Pol Espargaro, puas dengan hasil renovasi tikungan 10 Sirkuit Catalunya di Barcelona, Spanyol. Menurutnya, tikungan tersebut sekarang sudah lebih cocok dengan motor MotoGP ketimbang mobil.

Sekadar informasi, tikungan 10 di Sirkuit Catalunya sempat menuai protes dari sejumlah pembalap. Salah satu yang vokal meminta agar konfigurasi sirkuit ditinjau ulang adalah Valentino Rossi. Menurut The Doctor, tikungan tersebut cukup berbahaya.



Pihak pengelola sirkuit memiliki dua versi di tikungan 10. Yang pertama adalah tikungan panjang ke kiri di ujung trek lurus. Sementara versi kedua, tikungan siku-siku tajam, beberapa puluh meter sebelum ujung trek lurus. Konfigurasi kedua diketahui dipakai lebih dulu oleh Formula One (F1).

MotoGP baru memakainya pada beberapa tahun terakhir. Namun, secara umum, tikungan 10 itu tetap dianggap kurang aman. Pengelola sirkuit lantas melakukan renovasi sejak akhir 2020. Dengan memakai konfigurasi pertama, lebar tikungan ditambah dan dibuat lebih mudah untuk melakukan overtaking.

Renovasi tikungan 10 tersebut baru selesai pada awal Februari 2021. Proyek tersebut dikerjakan secara bersama-sama oleh FIA dan FIM mengingat Sirkuit Catalunya juga dipakai oleh Formula One (F1).

Pol Espargaro termasuk beruntung dapat menjajal tikungan baru tersebut dengan motor produksi massal Honda pada tengah pekan lalu. Ia mencobanya bersama sejumlah pembalap lain.

Pria berusia 29 tahun itu sangat menyukai hasil renovasi tikungan 10 Sirkuit Catalunya. Pol Espargaro sangat penasaran seperti apa rasanya melibas tikungan 10 tersebut nantinya dengan motor MotoGP.

“Sangat bagus. Kami sudah membalap di sini selama bertahun-tahun. Tikungan itu berbeda bila dibandingkan dengan trek lain. Sekarang tikungan itu menjadi lebih baik, bahkan saya pikir lebih cocok dengan motor ketimbang untuk mobil,” urai Pol Espargaro, dimuat Crash, Minggu (28/2/2021).

“Modifikasi tersebut sangat bagus untuk pembalap yang punya kecepatan di tikungan atau motor yang cocok dengan tikungan cepat. Tikungan itu sangat cepat. Kami akan mengetahuinya nanti pada Juni 2021,” imbuh pembalap yang akrab disapa Polyccio itu.

Ya, para pembalap baru harus bersabar lebih dulu. MotoGP Catalunya 2021 baru akan dihelat pada 6 Juni mendatang. Paling tidak, para pembalap baru dapat merasakan tikungan 10 versi baru itu pada sesi latihan bebas, 4 Juni 2021, andai tidak ada pergantian jadwal lagi.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4282 seconds (0.1#10.140)