AFC Batalkan Turnamen, FFI: Kami Akan Hormati Keputusan AFC

loading...
AFC Batalkan Turnamen, FFI: Kami Akan Hormati Keputusan AFC
Federasi Futsal Indonesia (FFI) sudah menerima surat resmi dari Association Futball Confederation (AFC), yang mengumumkan bahwa turnamen AFC Futsal Championship 2021 dibatalkan. Foto: AFC Futsal
JAKARTA - Ada kabar tidak menggembirakan untuk dunia futsal Indonesia. Federasi Futsal Indonesia (FFI) sudah menerima surat resmi dari Association Futball Confederation (AFC), yang mengumumkan bahwa turnamen AFC Futsal Championship 2021 dibatalkan.

Baca Juga: Dispora Siap Dukung AFK Majukan Futsal di Kabupaten Gowa

Padahal, gelaran AFC Futsal Championship itu berkaitan dengan helatan Piala Dunia Futsal 2021 di Lithuania, karena 5 peserta terbaik di AFC berhak tampil di Piala Dunia Futsal.

Lantas bagaimanakah AFC akan menentukan wakil Asia yang akan tampil di Piala Dunia Lithuania, yang rencananya digelar pada bulan Oktober mendatang?

Federasi Futsal Indonesia menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada AFC sebagai organisasi tertinggi sepak bola di Asia. Ketua Umum FFI Hary Tanoesoedibjo mengungkapkan pihaknya enggan berspekulasi terkait kemungkinan Timnas Futsal Indonesia gagal bermain di pentas Piala Dunia Futsal 2021.



"Sebaiknya kita menunggu keputusan AFC karena soal wakil Asia di Piala Dunia Futsal ini adalah hak prerogatif AFC. Kalau Indonesia tentu ingin ke Lithuania melalui pertandingan kualifikasi. Lagipula kita juga perlu melihat perkembangan pandemi. Dengan munculnya berbagai varian baru virus Corona, apakah dunia punya waktu yang cukup untuk mengatasi pandemi? Kalau memang pandemi ini bisa selesai dan diputuskan Piala Dunia tetap dilaksanakan, barulah nanti kita pikirkan langkah selanjutnya," katanya.

Harapan FFI, Timnas Futsal maupun pendukungnya agar Timnas Futsal dapat tampil di Piala Dunia 2021 cukup beralasan. Pasalnya, prestasi timnas Futsal Indonesia dapat dikatakan mengalami peningkatan. Dalam berbagai turnamen resmi yang dilaksanakan sebelum pandemi ini, tim besutan Coach Ken Takahashi itu mampu memberikan perlawanan sengit atas negara-negara yang selama ini menjadi favorit karena prestasi yang moncer diantaranya, Iran (Juara AFC Championship 2016, 2018), Jepang (Juara 2014), Uzbekistan, serta Thailand dan Vietnam di kawasan ASEAN.

Sampai saat ini, peserta yang sudah dipastikan tampil di Piala Dunia Futsal 2021 adalah 3 negara mewakili Afrika (Angola, Maroko dan Mesir), dan 4 negara mewakili zona Conmebol (Argentina, Brazil, Paraguay, Venezuela).

Baca Juga: Aturan Baru Futsal Mempermudah Wasit Memimpin Pertandingan

Menyusul 7 negara tersebut, yakni 6 negara, termasuk Lithuania sebagai tuan rumah yang mewakili daratan Eropa (Kazakhstan, Portugal, Rusia, Spanyol, dan Republik Ceko) dan 1 negara mewakili zona Oceania (Kepulauan Solomon). Sehingga sementara ini 14 negara sudah mengamankan tiket menuju putaran final Piala Dunia Futsal 2021 Lithuania.
(mirz)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top