Novak Djokovic Petenis Berperingkat Satu Terlama Sepanjang Sejarah

Senin, 08 Maret 2021 - 22:01 WIB
loading...
Novak Djokovic Petenis Berperingkat Satu Terlama Sepanjang Sejarah
Novak Djokovic Petenis Berperingkat Satu Terlama Sepanjang Sejarah. Foto: ATP
A A A
BEOGARD - Sebuah rekor baru diciptakan oleh Novak Djokovic beberapa saat lalu. Ya, pria berkebangsaan Serbia tersebut baru saja dinobatkan sebagai petenis yang menghuni peringat nomor satu dunia paling lama dalam sejarah tenis.

Sebagaimana diketahui, Djokovic sendiri memang berhasil mencuri perhatian sejak awal kemunculannya pada 2003 silam. Bahkan Djokovic hanya butuh 24 bulan untuk bisa menembus peringkat 100 besar dunia.

Baca Juga: Novak Djokovic Hat-trick Gelar Australian Open

Pencapaian itu terjadi setelah Djokovic mampu tampil memukau sepanjang tahun 2005. Meski, Djokovic tidak mampu berbicara banyak dalam sejumlah turnamen Grand Slam di tahun tersebut.

Bahkan pada 2006, Djokovic berhasil masuk dalam jajaran 50 besar usai tampil mengesankan di ajang Prancis Open . Ya, dalam turnamen tersebut, Djokovic sendiri mampu mencapai babak perempatfinal sebelum akhirnya dikalahkan oleh Rafael Nadal.

Setahun berselang, Djokovic berhasil menembus 10 besar setelah memang mampu tampil menjanjikan dalam beberapa turnamen yang diikuti. Puncaknya adalah kala Djokovic berhasil menjadi petenis nomor satu dunia pada 4 Juli 2011 atau sehari setelah memenangi Wimbledon perdana.

Dalam pertandingan final Wimbledon 2011, Djokovic berhasil mengalahkan Nadal dengan skor 6-4, 6-1, 6-1, 1-6, 6-3. Djokovic sendiri berhasil menjadi petenis berperingkat nomor satu dunia ketika dirinya masih berusia 24 tahun.

Akan tetapi, Djokovic sendiri memang sempat turun ke peringkat kedua usai tempatnya direbut oleh Nadal. Namun sejak Februari 2020, Djokovic sendiri berhasil kembali menjadi petenis nomor satu dunia usai menjuarai Amerika Serikat (AS) Open 2020.

Ya, sejak saat itu posisi Djokovic sebagai petenis nomor satu dunia memang tidak tergeser sama sekali. Terhitung, Djokovic berhasil melewati 331 pekan di puncak dunia, yang mana hal tersebut membawanya melewati rekor Roger Federer dengan 330 menempati nomor satu dunia.

“Saya benar-benar merasa lega. Sekarang, saya akan fokus pada sejumlah pertandingan Grand Slam yang saya jalani sepanjang tahun ini,” jelas Djokovic, sebagaimana dilaporkan oleh Eurosport, Senin (8/3/2021).

“Sampai saya memutuskan untuk pensiun, saya akan mencurahkan sebagian besar perhatian dan energi saya untuk memenangkan gelar mayor lainnya,” imbuh petenis yang pada saat ini telah berusia 33 tahun tersebut.
(sha)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1593 seconds (10.177#12.26)