Aprilia Manganang Dinyatakan sebagai Pria, Ini Sikap Kemenpora

Rabu, 10 Maret 2021 - 14:01 WIB
loading...
Aprilia Manganang Dinyatakan sebagai Pria, Ini  Sikap Kemenpora
Aprilia Manganang/Foto/Instagram
A A A
JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menanggapi status gender mantan pevoli Indonesia, Aprilia Manganang yang dinyatakan sebagai laki-laki. Kemenpora melalui Sekretaris Kemenpora (Sesmenpora), Gatot S Dewa Broto, menghormati penuh perubahan status gender dari mantan pevoli putri Indonesia itu.

Sosok Aprilia Manganang mendapat sorotan publik Indonesia. Hal ini terkait pengumuman mengejutkan yang disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa , soal gender Aprilia Manganang yang ternyata pria.

.

Sontak kabar ini membuat geger publik karena Aprilia selama ini telah dikenal secara luas sebagai seorang perempuan. Bahkan, dia pernah turut memperkuat tim nasional (timnas) voli putri Indonesia di beragam kompetisi bergengsi.

Salah satunya pada gelaran Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang. Aprilia kala itu turut membantu timnas voli putri Indonesia mencapai babak perempat final.

.

Tak hanya itu, Aprilia yang merupakan prajurit TNI AD dengan pangkat Sersan Dua itu juga bergabung dengan Korps Wanita TNI AD. Tetapi, Aprilia telah dinyatakan merupakan seorang pria sejati.

.

Pengumuman ini disampaikan Jenderal TNI Andika Perkasa setelah Aprilia melakukan pemeriksaan medis pada 3 Februari 2021. Dari pemeriksaan itu, Aprilia dinyatakan mengalami kelainan hipospadia. Kelainan ini merupakan kondisi langka ketika lubang kencing penis ada pada bagian bawah dan bukannya di ujung.

Mendengar hal tersebut, Gatot pun menghormati penuh perubahan status gender Aprilia Manganang tersebut. Gatot juga menyatakan bahwa pihak Kemenpora menghormati dan berterima kasih kepada kesatuan TNI AD yang telah memberi perhatian serta bantuan untuk Aprilia.

"Kalau sekarang dia sudah mengubah statusnya seperti itu, kami hormati,” tutur Gatot, Rabu (10/3/2021).

“Dia kan punya kesatuan di TNI AD, kami hormati itu. Terima kasih KSAD telah memberikan perhatian," ujarnya.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6384 seconds (0.1#10.140)