Zinedine Zidane si Pengintai Pemain Muda Berbakat

Senin, 13 April 2020 - 11:37 WIB
loading...
Zinedine Zidane si Pengintai Pemain Muda Berbakat
Penciuman Zinedine Zidane dalam menemukan pemain muda berbakat sudah tak perlu diragukan lagi / Foto: Sky Sports
A A A
MADRID - Penciuman Zinedine Zidane dalam menemukan pemain muda berbakat sudah tak perlu diragukan lagi. Sejak menangani Real Madrid pada 2016 lalu, ada beberapa pemain brondong yang didatangkan ke Santiago Bernabeu.

Pasca Zidane memutuskan pensiun pada 2006 lalu, ia sempat belajar atau kuliah kepelatihan di universitas yang sama dengan Laurent Blanc menuntut ilmu. Setelah menyelesaikan kuliah kepelatihannya, Madrid pun memanggil sang mantan bintangnya itu (2010) untuk menjabat sebagai penasihat khusus untuk tim utama klub.

Dalam peran barunya tersebut Zidane ikut berpartisipasi memberikan masukan kepada pelatih Jose Mourinho (saat itu). Baik dalam pertemuan pra-pertandingan, sesi pelatihan dan pertemuan dengan pelatih kepala lainnya.

Melihat sepak terjangnya itu, setahun kemudian atau tepatnya Juli 2011, Zidane diangkat menjadi Direktur Olahraga baru Madrid. Saat itulah 'penciumannya' dalam menemukan bakat pemain muda mulai terasa.

Raphael Varane menjadi pemain pertama yang diketahui bakatnya oleh pelatih berkepala plontos tersebut. Pelatih asal Prancis itu mengusulkan kepada Presiden klub Florentino Perez untuk mendatangi pemain yang saat itu membela Lens (di usia 18 tahun).

Dikatakan Zidane, Varane memiliki kemiripan permainan yang sama seperti Blanc. "Dia (Varane) memiliki keberanian Blanc, itu tidak mudah ditemukan," kata Zidane, sebelum diangkat sebagai pelatih kepala tim senior pada 2016.

Selama sembilan tahun berada di Madrid, Varane telah mengalami perubahan yang drastis. Bahkan Zidane selalu mengatakan bahwa salah satu pemain ini tidak bisa untuk dinegosiasikan dengan klub mana pun, sebab dia menjadi pilar di lini pertahanan klub bersama Sergio Ramos.

Selain Varane, Zidane juga berhasil menjadi aktor dalam menggaet Federico Valverde. Dengan hanya menggelontorkan biaya sebesar 5 juta euro kepada Penarol, Madrid berhasil mengaet salah satu gelandang muda terbaik saat ini.

Valverde sekarang menjadi bagian terpenting Zidane di lini tengah bersama Toni Kroos, Luka Modric, dan Casemiro. Musim ini misalnya, pemain berusia 21 tahun itu tak pernah kehilangan tempat di skuat Zidane.

Sudah 22 pertandingan dimainkan Valverde di kompetisi domestik Liga Spanyol dengan menyumbangkan dua gol dan empat assist. Lantas, pemain muda mana lagi yang bakal didatangkan Zidane musim depan?

Menurut laporan media lokal di Spanyol, Zidane saat ini tengah mengawasi penampilan Eduardo Camavinga. Pemain serba bisa (bek-gelandang tengah) yang tengah memperkuat Stade Rennais FC sedang dipantau pelatih Madrid.

Jika mengacu pada statistik Camavinga, dia menjadi salah satu pemain andalan Julien Stephan di Rennais. Dari 28 pertandingan yang telah dijalani di Ligue 1 musim ini, pemain berusia 17 tahun itu setidaknya telah bermain 25 pertandingan, dan sudah mencetak satu gol serta dua assist.

Dilaporkan AS Sport, Zidane sedang memantau Camavinga yang masa baktinya bersama Rennais bakal berakhir pada 30 Juni 2021 mendatang. Kedatangannya tentunya bakal menambah persaingan di lini tengah Los Blancos.
(dwi)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4204 seconds (0.1#10.140)