Kesempatan Xabi Alonso Jadi Pelatih Level Dunia

Selasa, 23 Maret 2021 - 13:17 WIB
loading...
Kesempatan Xabi Alonso Jadi Pelatih Level Dunia
Xabi Alonso
A A A
MUNCHEN - Xabi Alonso masuk dalam jajaran pelatih professional Eropa menyusul kesepakatan untuk menangani Borussia Mönchengladbach pada musim panas mendatang. Kesempatan ini menjadi salah satu batu loncatan kariernya sebagai pelatih top di masa mendatang.

Mantan pemain Liverpool, Bayern Muenchen dan Real Madrid itu sekarang masih menangani tim B Real Sociedad. Namun pada Juni mendatang, Alonso akan kembali ke Jerman untuk mengambilalih jabatan sebagai pelatih di Mönchengladbach. Pria berusia 39 tahun itu akan menggantikan Marco Rose yang hijrah ke Borussia Dortmund pada akhir musim ini.

Sebelum Natal tahun lalu, Gladbach sempat menjadi menantang untuk meraih tiket ke Liga Champions. Namun, mereka terus mengalami kemunduran dan sekarang tertahan di posisi 10 klasemen sementara Bundesliga.

Meski Alonso belum memiliki pengalaman sebagai pelatih, dia pernah berjaya di Jerman. Saat masih bermain bersama Muenchen, dia berhasil memenangkan tiga gelar Bundesliga bersama pelatih Pep Guardiola sejak bergabung pada 2014 hingga mengakhiri karir yang gemilang tiga tahun kemudian.

Bos tim Muenchen Karl-Heinz Rummenigge sempat mengatakan bahwa Alonso merupakan salah satu gelandang terbaik dunia. Dia menilai mantan pemain timnas Spanyol itu sangat cerdas. Bahkan, dia sangat yakin suatu saat Alonso bisa kembali ke Muenchen, tapi dengan tugas yang berbeda.

“Saya pikir kami harus berusaha untuk membawa Xabi Alonso kembali ke Muenchen. Dia adalah gelandang tengah terbaik yang kami miliki dalam beberapa tahun terakhir. Dia bukan yang tercepat, tapi dia yang terbaik secara strategis dan paling cerdas yang pernah saya lihat di lini tengah kami,” ujar Rummenigge dilansir theguardian.

“Dia adalah pemain yang luar biasa, yang berbicara empat bahasa dan Jerman dengan lancar. Dia adalah kepribadian yang nyata. Saya benar-benar ingin dia kembali ke Muenchen suatu hari nanti, dia adalah pria sejati,” pungkasnya.
(abr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5052 seconds (0.1#10.140)