Dortmund Patok Harga Jual Erling Haaland Rp3 Triliun

Jum'at, 26 Maret 2021 - 19:15 WIB
loading...
Dortmund Patok Harga Jual Erling Haaland Rp3 Triliun
Striker Borussia Dortmund Erling Haaland.
A A A
DORTMUND - Borussia Dortmund telah menetapkan harga bintangnya Erling Haaland sebesar 180 juta euro atau sekitar Rp 3 triliun. Dengan banderol itu, dua tim Liga Primer Inggris Manchester United dan Chelsea menjadi kandidat terkuat untuk menebus calon pemain masa depan tersebut.

Saat ini, Haaland menjadi pemain yang paling didambakan oleh klub-klub besar. Striker yang mencetak gol pada debutnya di Liga Champions ini telah menorehkan 33 gol dalam 31 pertandingan musim ini. Selain itu, dia juga telah mencatatkan 20 gol Liga Champions atau lebih cepat dari pemain lain dan termuda yang melakukannya.

Karena itu, tim-tim Eropa, termasuk Manchester United, Chelsea dan Manchester City, ingin mengontraknya. Penyerang asal Norwegia ini memiliki klausul kontrak sebesar 75 juta euro (Rp 1,2 triliun) pada musim panas 2022. Namun, mereka yang tertarik bisa membayar ekstra tahun ini untuk memastikan tidak kehilangan pemain tersebut.

Uang ekstra yang harus dibayar tim telah terbukti menjadi topik perdebatan dalam beberapa pekan terakhir. Menurut laporan bahwa Dortmund menginginkan setidaknya 116 juta euro (Rp 1,9 triliun). Namun menurut ESPN, Dortmund mengumumkan bahwa mereka menginginkan 180 juta euro (Rp 3 triliun) untuk pemain bintang mereka tersebut.

Harga ini bisa dibilang sebanding untuk mendatangkan Haaland. Sebab, penyerang berusia 20 tahun itu kemungkinan akan menjadi salah satu favorit bersama Kylian Mbappe untuk bersaing memperebutkan Ballon d'Or dalam beberapa tahun kedepan.

Apalagi, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo telah mencapai usia senja dalam karirnya. Sedangkan Robert Lewandowski sudah berusia 33 tahun pada Agustus mendatang. Dengan begitu, Haaland (20), dan Mbappe dari Paris Saint-Germain (22), kemungkinan akan menjadi pesaing utama sebagai pemain terbaik dunia.

Selain tim Liga Primer, klub rakasasa Spanyol Real Madrid juga memiliki minat pada Haaland. Namun, mantan presiden klub Ramon Calderon menegaskan bahwa Los Blancos akan butuh perjuangan jika ingin mendapatkan tanda tangan sang pemain itu.

“Selalu ada rumor di musim ini. Mereka membicarakan tentang Mbappe, Haaland, dan pemain lainnya. Kami tidak dalam kondisi terbaik secara ekonomi karena kami merenovasi stadion kami menghabiskan banyak uang. Akan sulit mengeluarkan uang di musim panas. Tapi, kami selalu berusaha untuk mendapatkan pemain bagus yang sudah dilakukan selama bertahun-tahun,” kata Calderon dilansir teamtalk.
(abr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5163 seconds (0.1#10.140)