alexametrics

Klub La Liga Siap Manfaatkan Penambahan Jumlah Pergantian Pemain

loading...
Klub La Liga Siap Manfaatkan Penambahan Jumlah Pergantian Pemain
Klub La Liga siap mengantisipasi perubahan regulasi jika kompetisi dilanjutkan lagi. Salah satunya mengenai penambahan jumlah pergantian pemain. Foto: espn
A+ A-
MADRID - Seluruh klub La Liga sudah tidak sabar untuk bertanding kembali. Walau belum ada kepastian kapan kompetisi bakal dilanjutkan lagi, persiapan terlebih dilakukan. Terlebih akan ada sejumlah perubahan besar.

Adanya pandemi virus Corona di Spanyol membuat semua kompetisi sepak bola dihentikan sejak pertengahan Maret lalu. Kabar baiknya, setelah dua bulan, kondisinya kian kondusif. Lockdown diperlonggar yang membuat semua klub boleh berlatih lagi.

Awalnya, karena harus mematuhi protokol kesehatan berupa social distancing, latihan hanya boleh dilakukan secara individu. Sekarang, setiap klub boleh menggelar latihan berkelompok walau tidak boleh lebih dari 10 orang.



Ini menumbuhkan harapan kalau La Liga bisa dilanjutkan lagi, yang wacananya pada 12 Juni nanti. Tapi, bukan itu saja yang harus diperhatikan, juga perubahan sejumlah hal. Pertama adalah membiasakan diri bertanding tanpa penonton.

Lalu, yang paling menarik adalah pergantian pemain hingga lima kali dalam satu pertadingan, dari biasanya tiga. Ini untuk mengantisipasi jadwal padat seandainya La Liga bisa digelar lagi hingga akhir seperti harapan.

Menurut Marca, itu bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi sejumlah klub besar, khususnya Real Madrid, Barcelona dan Atletico Madrid. Maklum, ketiganya punya agenda lebih padat lantaran masih aktif di Liga Champions.

Dengan peraturan itu, Madrid, Barcelona dan Atletico bisa meminimalisir risiko cedera dan kelelahan yang mungkin dialami armadanya. Terlebih, para pemain belum tentu dalam kondisi bugar lantaran tidak merumput selama lebih dari dua bulan.

Tentunya ini akan menjadi tantangan sendiri bagi Zinedine Zidane. Dia harus menentukan lagi siapa yang paling layak menjadi pemain cadangan Madrid. Maklum, Zizou biasanya jarang melakukan rotasi saat pertandingan belangsung.

Intinya, Zidane harus mengubah kebiasaan itu karena bakal sangat merugikan Madrid. Sebab, menurut statistik, Barcelona dan Atletico punya produktivitas lebih banyak dari pemain pelapis disetiap laga.
(mirz)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak