Ducati Gagal Juara di Seri Qatar, Salah Lepas Andrea Dovizioso?

Sabtu, 10 April 2021 - 10:31 WIB
loading...
Ducati Gagal Juara di Seri Qatar, Salah Lepas Andrea Dovizioso?
Ducati tidak juara di dua seri pembuka MotoGP 2021/Foto/Twitter
A A A
DOHA - Petinggi Ducati sebut kegagalan timnya merebut juara di dua seri pembuka MotoGP 2021 lantaran tidak diperkuat Andrea Dovizioso . Direktur Olahraga Paolo Ciabatti mengungkap alasan Ducati tidak juara karena kondisi balapan musim ini berbeda, terutama persoalan kinerja ban.

MotoGP musim ini dua seri pembuka digelar di Sirkuit Internasional Losail, Qatar akibat pandemi Covid-19. Balapan pertama atau MotoGP Qatar berlangsung pada akhir Maret. Selang sepekan, MotoGP Doha terlaksana pada awal April 2021.

.

Berdasarkan hasil sebelumnya, Ducati memiliki kekuatan ketika mentas di Sirkuit Losail, Qatar. Terbukti pada 2018 dan 2019, Ducati selalu memenangi MotoGP Qatar lewat pembalap lamanya, Andrea Dovizioso.

Namun, pada musim ini, Ducati harus kehilangan podium utamanya setelah dua pembalap pabrikan Yamaha unjuk gigi di dua seri lomba malam itu, yakni Maverick Vinales dan Fabio Quartararo. Sedangkan Ducati gagal menjadi juara.

.

Situasi tersebut membuat banyak pihak menilai bahwa Ducati melakukan kesalahan dalam melepas Dovizioso. Namun, Ciabatti menolak anggapan tersebut karena kondisi dua tahun lalu dengan musim ini berbeda, terutama pada kinerja ban.

Karena itu, apa pun bisa terjadi pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Losail tersebut. Bahkan jika harus berkaca pada 2020, Dovizioso tidak mampu tampil kompetitif saat melakoni tes pramusim di Qatar.

.

“Mereka yang mengandalkan fakta bahwa Ducati menang di Qatar pada 2018 dan 2019 bersama Dovizioso, tidak memperhitungkan bahwa ban yang digunakan berbeda dengan sekarang,” ungkap Ciabatti, mengutip dari Motorsport, Sabtu (10/4/2021).

“Pada tes pramusim 2020, Dovizioso tidak sekompetitif sebelumnya. Jadi, kami sangat puas dengan peningkatan yang telah kami buat,” tambahnya.

Meski gagal meraih kemenangan di dua balapan tersebut, tetapi Ducati masih menguasai podium. Pada MotoGP Qatar, Francesco Bagnaia keluar sebagai pole position dan merebut podium ketiga. Sedangkan posisi kedua menjadi milik Johann Zarco (Pramac Ducati).

Lalu di MotoGP Doha, giliran Jorge Martin (Pramac Ducati) yang tampil sebagai pole position. Martin juga sukses menyelesaikan balapan di tempat ketiga dan rekan setimnya, Zarco mampu berdiri di urutan kedua.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4485 seconds (0.1#10.140)