Pakar Wasit Sebut Tindakan Gil Manzano Benar, Aksi Mendy Tak Cukup Bernilai Penalti

loading...
Pakar Wasit Sebut Tindakan Gil Manzano Benar, Aksi Mendy Tak Cukup Bernilai Penalti
Insiden yang melibatkan Martin Braithwaite dan Ferland Mendy/Foto/marca.com
MADRID - Wasit Jesus Gil Manzano menjadi pusat perhatian menjelang akhir babak kedua laga Real Madrid kontra Barcelona dalam lanjutan La Liga 2020/2021 di Estadio Alfredo Di Stefano, Sabtu (10/4/2021) malam waktu lokal atau Minggu (11/4/2021) dini hari WIB. Manzano memberi keputusan yang mengundang protes dari kubu Barcelona.

Manzano dikerubuti para pemain Barcelona setelah menolak tuntutan penalti ketika Martin Braithwaite dijatuhkan Ferland Mendy di kotak terlarang pada menit ke-84. Kedudukan saat itu 2-1 untuk keunggulan Madrid. Gol Madrid dicetak Karim Benzema pada menit ke-13 dan Toni Kroos (28), sebelum Blaugrana bangkit melalui Oscar Mingueza menit ke-60.

Baca juga: Koeman Jengkel Tak Dapat Hadiah Penalti Setelah Braithwaite Dijatuhkan Mendy.

Namun, pakar wasit Spanyol Juan Andujar Oliver menilai tindakan Gil Manzano sudah benar. "Ada sedikit tarikan dari Mendy tetapi tidak cukup untuk diberikan penalti," kata Andujar kepada Radio MARCA.

Protes Barcelona berlanjut setelah pertandingan, dengan Gerard Pique masuk ke lapangan untuk menyampaikan maksudnya kepada Gil Manzano. Bahkan, Pelatih Ronald Koeman mengungkapkan kemurkaannya seusai laga.



Baca juga: Messi Soak di Depan Gawang, Madrid Menangi El Clasico dan Gusur Atletico .

Koeman mengatakan bahwa laga seharusnya bisa berakhir dengan skor 2-2. Hal itu bisa terjadi jika wasit memberikan hadiah penalti setelah Braithwaite dijatuhkan di kotak penalti pada menit 84.

Pada momen tersebut, Braithwaite mencoba mengambil bola dari bek kiri Real Madrid, Ferland Mendy. Akan tetapi, ia kemudian terjatuh di lapangan dan menganggap Mendy telah menarik Braithwaite dari belakang.

Baca juga: Permak Parma, AC Milan Teror Inter di Klasemen Serie A .

Tayangan ulang pun tampak tidak meyakinkan, tetapi Koeman merasa marah karena wasit tidak memberikan hadiah penalti. Jangankan penalti, wasit pun memilih tidak menggunakan VAR untuk memastikan situasi tersebut.



“Kami sangat marah dengan situasi penalti. Itu bukan permainan adil. Jika Anda tidak memberikan penalti, saya tidak mengerti,” ungkap Koeman, mengutip dari Goal, Minggu (11/4/2021).

“Saya hanya meminta wasit untuk mengambil keputusan yang benar. Itu adalah penalti dan hanya empat menit waktu tambahan yang diberikan, sementara wasit harus (berhenti sebentar) karena headset bermasalah,” tambahnya.

“Ini penalti yang sangat jelas. Jika diberikan, maka itu skornya 2-2. Ini penalti yang jelas. Saya tidak tahu mengapa apa gunanya VAR di Spanyol,” lanjut pelatih asal Belanda tersebut.
(sha)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top