alexametrics

Rafael Nadal Momok Menakutkan Penghancur Petenis Kidal

loading...
Rafael Nadal Momok Menakutkan Penghancur Petenis Kidal
Rafael Nadal Momok Menakutkan Penghancur Petenis Kidal/ATP
A+ A-
MALLORCA - Rafael Nadal dikenal sebagai raja tenis yang memiliki persentase kemenangan terbaik di Era Terbuka dengan catatan 83,2 persen. Catatan Nadal melewati legenda terkemuka seperti Novak Djokovic (83%), Bjorn Borg (82,7%), Roger Federer (82,1%) dan Jimmy Connors (81,8%). Tetapi menurut ATP, petenis Spanyol itu bahkan lebih mematikan terhadap orang kidal.

Nadal telah memenangkan lebih dari 87 persen pertandingannya melawan sesama kidal, memegang rekor 104-15. Kolektor 85 gelar itu memenangkan 14 pertandingan berturut-turut melawan petenis kidal, dengan kekalahan terakhir melawan Denis Shapovalov di Coupe Rogers 2017 di Montreal. Apa rahasia kesuksesannya melawan sesama petenis Kidal? Mungkin dia tidak terlalu memikirkannya.

"Ini bukan masalah kidal atau kanan," kata Nadal setelah mengalahkan petenis kidal lainnya, Gilles Muller, di BNP Paribas Open 2016. ’’Saya bermain melawan pemain tangguh dengan kondisi sulit. Di Australia (awal 2016) saya bermain melawan pemain yang memainkan pertandingan hebat seperti (Fernando) Verdasco, dan Anda bisa kalah. Aku tersesat. Itu dia."

Baca Juga: Kisah Gennadiy Golovkin, Dulu Dilupakan Kini Dihormati Kazakhstan

Tidak hanya Nadal yang terbaik di dunia melawan kidal, tetapi pemain aktif berikutnya dalam daftar Era Terbuka adalah Federer, yang telah memenangkan 77,7 persen pertandingannya melawan kidal. Itu menempatkan hampir 10 poin persentase di antara mereka. Tentu saja itu tidak menodai angka Nadal bahwa dia tidak pernah harus menghadapi petenis kidal terbesar di zamannya!



’’Saya juga pernah bermain dengan beberapa orang kidal di masa lalu. Saya selalu berpikir sulit untuk melayani pemain kidal karena kekuatan mereka masuk ke dalam kelemahan Anda ... Itu tidak bekerja dengan baik melawan kidal,"kata Federer di Dubai tahun lalu. ’’Untuk pemain backhand satu tangan, saya memiliki catatan bagus melawan pemain kidal. Jelas Rafa telah menyebabkan saya paling banyak masalah di seluruh. Itu karena tingkat permainan yang bisa dia raih,”paparnya.

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Lebih Memilih Lajang daripada Pacaran

Di Instagram Live baru-baru ini, Federer bertanya kepada Nadal mengapa ia bermain tangan kiri ketika petenis Spanyol itu adalah orang normal. ’’Saya tidak bisa bermain tangan kanan. Itu hanya legenda!," Kata Nadal. ’’Keahlian basket saya adalah dengan tangan kanan, yang lainnya dengan kanan, tetapi tidak dengan sepak bola atau tenis. Saya mulai bermain dengan backhand dan forehand dua tangan. Orang-orang yang bekerja dengan saya mungkin tidak tahu apakah saya benar atau kidal."

Menariknya, Nadal hanya kalah dua kali secara berurutan melawan pemain kidal, dan kedua pertandingan itu melawan Feliciano Lopez. Kesempatan pertama adalah di Queen's Club 2010, dan yang kedua adalah di 2014 Shanghai.

12 pemain teratas dalam daftar Era Terbuka untuk memenangkan persentase melawan orang kiri semuanya mencapai No. 1 di FedEx ATP Rankings. Pete Sampras berada di posisi kedua, di 84,1 persen, dengan Andy Roddick ketiga di 81,1 persen.

Mengikuti Nadal dan Federer pada daftar pemain aktif adalah Andy Murray (77,3%), Novak Djokovic (76,6%) dan Jo-Wilfried Tsonga (74,7%). Tidak seperti Nadal, tidak ada anggota Big Four lain yang memiliki persentase kemenangan yang lebih baik terhadap orang kidal daripada mereka secara keseluruhan.
(aww)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak