Kronologis Dianulirnya Pole Position Bagnaia Saat Kualifikasi GP Portugal

loading...
Kronologis Dianulirnya Pole Position Bagnaia Saat Kualifikasi GP Portugal
Kisah mengenaskan mewarnai gelaran kualifikasi GP Portugal yang merupakan seri ketiga MotoGP 2021. Ini dialami pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia. Foto: twitter
PORTIMAO - Kisah mengenaskan mewarnai gelaran kualifikasi GP Portugal yang merupakan seri ketiga MotoGP 2021. Ini dialami pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia yang batal merebut pole position meski mencatat waktu tercepat.

Baca Juga: Drama Bagnaia dan Bendera Kuning, Quartararo Pimpin Balapan di MotoGP Portugal

Bagnaia sebenarnya tampil begitu gemilang saat melakoni sesi kualifikasi GP Portugal 2021 yang berlangsung di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal, Sabtu (17/4/2021) malam WIB. Jelang akhir sesi, dia bisa mencatatkan waktu 1 menit dan 38,494 detik.

Ini jadi catatan waktu tercepat pada sesi kualifikasi GP Portugal 2021. Bahkan, Bagnaia memecahkan rekor baru dengan catatan waktu tersebut. Tetapi sayang, harapannya menyabet pole position harus urung terpenuhi.

Itu karena catatan waktu Bagnaia dihapus pihak MotoGP. Hal ini terjadi karena dia mengabaikan yellow flag atau bendera kuning yang dikibarkan marshal saat itu. Yellow flag berkibar lantaran ada kecelakaan yang dialami Miguel Oliveira.



Saat bendera kuning berkibar, para pembalap diharuskan memperlambat laju motornya saat melintas di sirkuit. Hal ini dilakukan untuk melindungi pembalap yang mengalami crash dan para petugas yang datang membantu.

Namun, Bagnaia tidak melakukan hal itu. Alhasil, catatan waktunya dianulir atau tidak berlaku. Imbasnya, dia dipastikan batal balapan dari posisi terdepan.

Pole position akhirnya dipastikan menjadi milik pembalap Tim Monster Energy Yamaha, yakni Fabio Quartararo. Dia yang mencatatkan waktu lebih lambat 0,3 detik dari Bagnaia akhirnya merebut posisi start terdepan dalam balapan yang akan digelar esok hari.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi F1 GP Emilia Romagna 2021: Lewis Hamilton Amankan Pole Position

Mirisnya lagi, Bagnia malah tercecer ke urutan 11. Tentu saja, hal ini jadi pukulan berat baginya yang berharap bisa mendapatkan modal apik pada balapan sesunguhnya, Minggu (18/4/2021) malam WIB. Sebab, selama dua seri pertama di sirkuit Losail, yakni GP Qatar dan GP Doha, dia hanya finish ketiga dan keenam.
(mirz)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top