Modal Skill Menjadi Pivot Futsal Andal ala Coach Wahyu

Selasa, 20 April 2021 - 13:01 WIB
loading...
Modal Skill Menjadi Pivot Futsal Andal ala Coach Wahyu
Seorang pivot merupakan pemain sentral dalam sebuah tim/Foto/dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Seorang pivot boleh jadi sebagai pemain sentral dalam sebuah tim. Hal itu terkait dengan perannya dalam permainan. Pemain futsal dengan posisi pivot, seringkali dapat mengubah jalannya pertandingan.

Tidak hanya itu, seorang pivot juga menjadi garda terdepan dalam sistem pertahanan futsal, karena menjadi pemain pertama yang meredam serangan lawan, sebelum masuk ke area pertahanan tim.

.

Selanjutnya adalah mental petarung, karena menjadi seorang pivot akan sangat sering mendapat tekanan lawan. Keempat, adalah positioning dan cepat tanggap melihat situasi dan cepat mengambil keputusan.

"Tugas seorang pivot kebanyakan sangat penting sebagai seorang dinding pemantul untuk pemain lain yang membuka ruang serangan, juga sebagai finisher sebuah skema serangan yang dibangun tim," katanya.

Baca juga: Tolak European Super League, Ini Pesan Juergen Klopp untuk Fans Liverpool.

Wahyu menambahkan, seorang pivot harus mampu cepat memutuskan saat mendapat bola, apakah dia harus memberikan umpan ke rekan atau menyelesaikannya sendiri untuk menjadi sebuah gol.

Untuk itulah, Assistant Pelatih Timnas Futsal tahun 2016, 2017 dan 2018 itu menjelaskan juga beberapa latihan dasar yang harus dilakukan seorang pivot. Menurutnya, latihan utama yang harus dilakukan adalah latihan penguatan lutut untuk kuda-kuda yang kuat.

Selain itu, latihan ball mastery pivot adalah porsi yang diasah untuk membentuk feeling ball yang bagus. Dan terakhir adalah latihan shooting finishing.

"Shooting finishing ini berguna saat pivot sedang tidak mendapat suport dari rekannya, sehingga pivot harus menyelesaikan sendiri peluangnya untuk menjadi sebuah gol," kata Headcoach Halus FC pada musim 2020 itu.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1697 seconds (0.1#10.140)