HUT PSSI ke-90, Menpora Berharap Sepak Bola Nasional Tak Jalan di Tempat

Minggu, 19 April 2020 - 16:35 WIB
loading...
HUT PSSI ke-90, Menpora Berharap Sepak Bola Nasional Tak Jalan di Tempat
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, berharap sepak bola nasional tumbuh dan tidak cuma jalan di tempat. Foto: Kemenpora/Tangkapan Layar
A A A
JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, berharap sepak bola nasional tumbuh dan tidak cuma jalan di tempat. Harapan itu disampaikan Zainudin sambil mengucapkan selamat ulang tahun untuk PSSI yang ke-90.

Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) hari ini memperingati hari jadi yang ke-90. Lewat rekaman video, Minggu (19/4/2020) Menpora berharap, usia PSSI yang lebih tua dari kemerdekaan Indonesia ini menjadikan PSSI semakin profesional dan melahirkan banyak prestasi.

"Harapan saya sebagai Menpora dan pemerintah secara keseluruhan, supaya persepak bolaan nasional kita semakin baik, pengelolaan kompetisi juga semakin baik. Agar semakin banyak masyarakat yang terlibat dan antusias menonton semua pertandingan sepak bola nasional,” kata Zainudin lewat sebuah video.

Zainudin mengklaim, di era pemerintahan Presiden Joko Widodo, sepak bola mendapat perhatian khusus. Menurut dia, salah satu wujud perhatian pemerintah dilihat dari keberadaan Instruksi Presiden (Inpres) nomor 3 tahun 2019 tentang Percepatan Sepak Bola Nasional.

"Karena perhatian pemerintah, khususnya perhatian bapak presiden, pak Joko Widodo, terhadap sepek bola sangat luar biasa, sampai keluar inpres khusus untuk sepak bola.” kata Zainudin.

PSSI sendiri di hari ulang tahunnya yang ke-90 tidak bisa menggelar acara bahkan sekadar syukuran seperti tahun-tahun sebelumnya akibat pandemi virus corona yang melanda dunia. Namun, salah satu harapan mereka tahun ini pemerintah dapat mengangkat nama Soeratin Sosrosugundo sebagai salah satu pahlawan nasional.

Soeratin yang punya latar belakang insinyur teknik sipil lulusan Jerman itu adalah penggagas pembentukan organisasi sepak bola, sekaligus menjadi Ketua Umum PSSI selama sepuluh tahun pertama.

"Kami akan terus berjuang, agar almarhum Bapak Soeratin bisa memperoleh anugerah sebagai pahlawan nasional, atas seluruh jasanya membuat sepak bola sebagai alat pemersatu bangsa di era pergerakan menuju kemerdekaan," kata ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2727 seconds (0.1#10.140)