Deja-vu Inter Milan, Kisah Scudetto Tepat 50 Tahun Silam

loading...
Deja-vu Inter Milan, Kisah Scudetto Tepat 50 Tahun Silam
Skuat Inter Milan di musim 1970/1971. Foto: Dok Tony Pelanek
MILAN - Setengah abad lalu, Inter Milan berhasil merengkuh gelar scudetto ke-11 dalam sejarah perjalanan klub. Tepat 50 tahun kemudian, persis hari ini, mereka mengulangi prestasi serupa.

Pada 2 Mei 1971, Inter Milan merayakan gelar juara di Italia setelah melewati musim yang tak mudah. Selama periode tersebut, Inter bahkan sempat mengganti pelatih kepala untuk memperbaiki posisi di klasemen.

Baca Juga: Suporter Inter Milan Turun ke Jalan Rayakan Scudetto Serie A ke-19

Ketika memulai musim 1970/1971, Inter menderita tiga kekalahan dan dua hasil imbang dalam lima penampilan pertama di bawah asuhan Heriberto Herrera. Klub lantas mengambil keputusan berani dengan menunjuk Giovanni Invernizzi sebagai suksesor.

Dikutip laman resmi klub, pengangkatan Invernizzi dari Primavera sempat menuai polemik, lantaran sang pelatih melakoni debutnya dengan mencampur pemain muda ke dalam skuat utama. Beruntung, saat itu Inter mampu mengalahkan Torino dengan skor 2-0 melalui brace Roberto Boninsegna.



Perjalanan Inter setelah menunjuk Invernizzi tak secara otomatis berarti mulus. Setelah meraih kemenangan di pertandingan pertama sebagai pelatih, Invernizzi justru gagal membawa Inter menang pada laga kedua. Skuat Biru-hitam takluk di tangan Napoli pada 22 November 1970.

Beruntung, setelah itu Invernizzi berhasil meyakinkan skuat Inter Milan untuk bangkit; meraih serangkaian hasil positif, termasuk ketika mereka mengalahkan Juventus dengan skor 2-0 melalui gol Mario Corso dan Boninsegna di babak pertama.

Kemenangan atas Juventus membangkitkan mental para pemain Inter. Di sisa musim, mereka sukses merajut kemenangan atas lawan-lawan tangguh seperti Napoli, AC Milan, dan Catania. Pada 1 Mei 1971, perjalanan Inter berakhir dengan mengangkat piala.

Baca Juga: Sah! Inter Milan Rebut Gelar Scudetto Serie A 2020/2021

Setengah abad sejak cerita manis itu dikisahkan dari mulut ke mulut penggemarnya, Inter Milan kembali ke puncak kejayaan Serie A. Klub berjuluk Nerazzurri didapuk sebagai jawara Liga Italia 2020/2021 setelah Atalanta diimbangi Sassuolo, Minggu, 2 Mei 2021. Dengan empat pertandingan tersisa musim ini, poin Inter sudah tak terkejar.



Inter Milan kini mengoleksi 19 gelar scudetto Serie A. Skuat asuhan Antonio Conte juga tercatat sebagai klun yang sukses meruntuhkan hegemoni Juventus si penguasa gelar dalam sembilan musim terakhir.

Bagi pendukung Inter Milan, keberhasilan ini menghapus dahaga gelar scudetto mereka dalam 11 tahun terakhir. Adapun sebelum ini, Inter Milan terakhir kali memenangkan scudetto pada musim 2009/2010 ketika tim masih diasuh Jose Mourinho.
(sha)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top