Ini Penyebab Joan Mir Tidak Berdaya Saat GP Prancis 2021

Selasa, 18 Mei 2021 - 09:30 WIB
loading...
Ini Penyebab Joan Mir Tidak Berdaya Saat GP Prancis 2021
Joan Mir harus mengakhiri balapan GP Prancis tanpa melewati garis finis. Akibat hujan lebat, juara dunia MotoGP 2020 itu mengalami kecelakaan. Foto: reuters
A A A
LE MANS - Joan Mir mengakhiri balapan GP Prancis tanpa melewati garis finis, Minggu (16/5/2021) malam WIB. Juara dunia MotoGP 2020 itu mengalami kecelakaan saat hendak mengganti motornya ketika Sircuit Bugatti, Le Mans, diguyur hujan.



Mir mengaku agak gugup ketika mengetahui lintasan tiba-tiba diguyur hujan. Dengan kondisi itu, bendera putih berkibar yang membuatnya dan para pembalap lainnya harus mengganti motor yang khusus menggunakan ban untuk lintasan basah.

Bagi Mir, itu adalah pengalaman pertamanya merasakan flag to flag race. Sebelumnya dia tak pernah mengalami kondisi harus menukar motornya ketika balapan sedang berlangsung dikarenakan hujan deras.

Dengan minimnya pengalaman, Mir sedikit bingung ketika hendak memasuki pitbox. Di tengah kebingungan itu, tiba-tiba dia mengalami kecelakaan alias terjatuh di lap keempat atau beberapa meter lagi dari pitbox.

Mir mengaku kaget bisa terpeleset. Sebab, dia merasa sudah melaju pelan untuk menghindari kecelakaan. Namun, apa daya dia akhirnya jatuh juga. Ironisnya, motornya tidak bisa menyala lagi, yang berarti balapan GP Prancis 2021 harus berakhir cepat untuknya.

“Saya benar-benar kecewa, saya tidak menyangka kecelakaan itu bisa terjadi. Meskipun lintasan diguyur hujan, namun kecelakaan itu benar-benar tidak terduga,” cerita Mir, seperti yang dikutip dari laman resmi Suzuki Ecstar.

Mir lantas meminta maaf kepada tim dan pendukungnya usai balapan seri kelima MotoGP 2021 itu. Dia mengaku kurang berpengalaman menghadapi flag to flag. Karena itu dia berjanji akan menjadikan insiden seri Prancis itu pelajaran untuk di masa depan.

“Saya memakai ban bertipe slicks dan saya tak terlalu memaksa motor saya. Saya hanya ingin menuju pitbox dan tiba-tiba kejutan terjadi di mana saya terjatuh dengan motor saya. Dengan semua adrenalin yang terjadi, saya pun membuat kesalahan,” tambah rekan Alex Rins tersebut.

“Saya melihat motornya mati dan mesinnya tidak bekerja, jadi saya mulai berlari ke pitbox tanpa berpikir. Hari ini adalah pengalaman pertama saya menghadapi flag to flag, jadi saya akan belajar dari semua yang terjadi,” imbuh Mir.



Tak hanya Mir, Rins ikut mengalami kecelakaan saat tampil di GP Prancis 2021. Imbasnya, Suzuki harus menlan hasil buruk. Sebab, tidak ada perwakilannya yang berhasil mencapai garis finis saat balapan di sirkuit sepanjang 4,185 km itu.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4116 seconds (0.1#10.140)