Piala Eropa 2020: Bek Sayap, Dilema Timnas Inggris

Senin, 24 Mei 2021 - 01:01 WIB
loading...
Piala Eropa 2020: Bek Sayap, Dilema Timnas Inggris
Piala Eropa 2020: Bek Sayap, Dilema Timnas Inggris
A A A
LONDON - Timnas Inggris menatap gelaran Piala Eropa 2020 musim panas tahun ini dengan situasi yang dilematik. Sebabnya, pelatih Gareth Southgate belum menentukan siapa bek kanan yang menjadi jagoan.

Dalam dua tahun terakhir, Southgate sebetulnya sering menjatuhkan pilihan pada Trent Alexander-Arnold untuk menghuni posisi itu. Pemain 22 tahun asal klub Liverpool boleh dibilang langganan Timnas Inggris untuk uji coba dan pertandingan kualifikasi.



Namun, Southgate mencoret nama Alexander-Arnold menjelang pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 bulan Maret 2021. Pelatih berusia 50 tahun itu beralasan Alexander-Arnold mengalami penurunan performa setelah dibekap cedera betis.

Alexander-Arnold seperti mau membuktikan anggapan itu salah. Setelah dicoret dari tim nasional, pemain yang terkenal dengan sepak pojok kilat, yang menjadi bencana bagi Barcelona di semifinal Liga Champions 2018/2019 , langsung tampil on fire berasma Liverpool.

Menurut statistik, sejak namanya dicoret Timnas Inggris, Alexander-Arnold sudah mencetak 28 peluang dalam delapan pertandingan di bersama Liverpool. Selama periode itu juga, dia membuat empat assist dan satu gol untuk timnya.

Mundur ke tahun 2019, nama Trent Alexander-Arnold masuk dalam UEFA Team of the Year bersama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Nah, menurut media-media di Inggris, Gareth Southgate tidak akan membawanya ke Piala Eropa 2020 sekalipun sebagai pemain cadangan.

Southgate diyakini lebih memilih memboyong Reece James ke skuat utama Timnas Inggris di Piala Eropa 2020. Pemain 21 tahun sejauh ini tampil cemerlang dan membawa Chelsea ke final Liga Champions 2020/2021.

Southgate juga terbuka untuk opsi membawa Kyle Walker yang sedang dalam performa terbaiknya bersama Manchester City. Walker bahkan berpeluang mengantar klubnya treble winner jika bisa mengangkat trofi 'si Kuping Besar' akhir bulan ini.

Tak cuma itu, Timnas Inggris juga tidak boleh mengesampingkan sosok Kieran Trippier yang baru memenangkan gelar La Liga bersama Atletico Madrid. Pemain 30 tahun itu merupakan bagian integral dari kesuksesan tim arahan Diego Simeone meruntuhkan dominasi Real Madrid dan Barcelona dalam saru dekade terakhir di Liga Spanyol.

Pertanyaan yang muncul, apakah Southgate akan membawa empat bek kanan ke Piala Eropa 2020? Barangkali salah satu dari mereka akan dikorbankan. Namun, yang pasti, pelatih kelahiran Watford, September 1970akan menjawabnya saat mengumumkan secara resmi skuat Timnas Inggris untuk Piala Eropa 2020.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2502 seconds (0.1#10.140)