Kalahkan Yudharman di Final, Irwanto Jadi Juara Turnamen Snooker Six Red Handicap

loading...
Kalahkan Yudharman di Final, Irwanto Jadi Juara Turnamen Snooker Six Red Handicap
Irwanto asal Jawa Barat akhirnya berhasil merengkuh gelar juara setelah di final mengalahkan Yudharman asal Bali dengan skor 4-3 di Turnamen Snooker Six Red Handicap diselenggarakan di Pekalongan, Jawa Tengah, Sabtu malam (22/5/2021) / Foto: MNC Media
PEKALONGAN - Irwanto asal Jawa Barat akhirnya berhasil merengkuh gelar juara setelah di final mengalahkan Yudharman asal Bali dengan skor 4-3 di Turnamen Snooker Six Red Handicap diselenggarakan di Pekalongan, Jawa Tengah, Sabtu malam (22/5/2021)

Pertandingan final antara Irwanto handicap 4 dan Yudharman handicap 3 berlangsung di luar prediksi banyak pihak. Pasalnya baik Irwanto maupun Yudharman bukan atlet yang diunggulkan.

"Terutama Yudha dari Bali yang sesungguhnya bukan atlet spesialis nomor snooker, bahkan dia juga bukan pemain PON," Ketua POBSI Jawa Tengah, Willyanto.

BACA JUGA: Tim Bulu Tangkis Indonesia Gagal Sapu Bersih Gelar di Spanyol Masters 2021



Willy menambahkan, Turnamen Snooker Six Red Handicap ini selain dapat digunakan sebagai barometer prestasi atlet Biliar Snooker, juga sekaligus menjadi perhatian Pengprov POBSI dalam pengembangan maupun pembinaan prestasi atlet.

"Dapat kami simpulkan bahwa sesungguhnya banyak atlet snooker yang menginginkan adanya pertandingan semacam ini yang memang tidak pernah diselenggarakan oleh lokasi biliar yang selalu hanya mempertandingkan nomor Pool," katanya.

BACA JUGA: Messi Punya 'Geng' Orang Tua di Sekolah Thiago

Irwanto maju ke babak final setelah mengalahkan Johan handicap 4 asal Kalimantan Selatan dengan skor 4-1 di babak semifinal Sabtu sore. Sedangkan Yudharman mengalahkan Yansen handicap 4 asal Papua dengan skor 3-1.

3 atlet nasional, I Putu Edi Wirawan handicap 6 dari Bali, Yoni Rachmanto handicap 6 dari Jawa Tengah dan Faisal handicap 4 dari Papua hanya berhasil sampai di babak 8 besar.

Berikut ini hasil lengkap dari babak 8 besar, semifinal dan final :



Hasil 8 besar
• Faizal Papua (4) 3 vs Yudharman Bali (3) 3
• I Putu Edi Wirawan Bali (6) 4 vs Yansen Papua (4) 4
• Purnomo Kosasih Jawa Tengah (3) 1 vs Irwanto Jawa Barat (4) 4
• Yoni Rachmanto Jawa Tengah (6) 4 vs Johan Kalimantan Selatan (4) 4

Semifinal
• Yudharman Bali (3) 3 vs Yansen Papua (4) 1
• Johan Kalimantan Selatan (4) 1 vs Irwanto Jawa Barat (4) 4

Final
• Irwanto Jawa Barat (4) 4 vs Yudharman Bali (3) 1

Six Red Handicap Tournament di Pekalongan, Jawa Tengah diikuti 22 atlet biliar termasuk 3 atlet pelatnas dan 4 atlet PON. Turnamen ini bersifat handicap dengan menggunakan sistem double elimination di babak penyisihan dan single elimination mulai babak 8 besar hingga final. Setiap atlet baik pemenang maupun yang kalah bertanding kembali untuk memperebutkan tempat 8 besar.

Dengan sistem handicap, seluruh atlet bisa ikut bertanding dan memiliki peluang yang sama untuk menang.

Turnamen Six Red Handicap yang dilaksanakan Pengurus Provinsi POBSI Jawa Tengah ini merupakan turnamen snooker pertama di Indonesia.
(mirz)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top