Liga 1 hanya Berpusat di Pulau Jawa, Pelatih Persib Sebut Tidak Adil

Rabu, 26 Mei 2021 - 08:30 WIB
loading...
Liga 1 hanya Berpusat di Pulau Jawa, Pelatih Persib Sebut Tidak Adil
Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts ikut menanggapi terkait potensi Liga 1 2021 yang penyelenggaraannya hanya akan dipusatkan di pulau Jawa. Foto: persib.co.id
A A A
BANDUNG - Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts ikut menanggapi terkait potensi Liga 1 2021 yang penyelenggaraannya hanya akan dipusatkan di pulau Jawa. Menurutnya, jika benar terjadi maka akan sangat tidak adil.



Kabarnya perhelatan Liga 1 2021 akan meniru Piala Menpora yang hanya berpusat di pulau Jawa. Wacana itu muncul karena beberapa faktor, mulai dari infrastruktur hingga transportasi. Belum lagi masalah keaamanan karena pandemi virus Corona masih terjadi di Indonesia.

Ini mendapat tanggapan dari Robert. "Itu baru sebatas rumor dan saya tidak mau berspekulasi. Kita lihat bagaimana kabar resminya," jelas pelatih asal Belanda itu, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung.

Tapi, sekiranya itu benar dijalankan, dia menyebut akan terjadi ketidakadilan. Bukan bagi Persib, melainkan terhadap tim dari luar Jawa. Sebab, mereka tidak bisa merasakan bermain di kandangnya sendiri.

"Opini saya soal itu tentu tidak adil bagi sebagian tim dari luar Jawa. Perjalanan sudah kembali normal lagi sejak vaksin (Covid-19) sudah dilakukan. Jadi, saya tidak bisa melihat alasan kenapa kami (ada tim) yang tidak bisa bermain di kandang," jelasnya.

Robert juga menilai tidak hanya klub yang bakal menuai kerugian ketika tak bermain di kandang sendiri. Itu sebabnya dia menegaskan tidak setuju dengan konsep kompetisi terpusat di satu pulau. Sehingga, dia berharap segera ada kepastian dan ingin konsep itu dipikirkan ulang.

"Kami harus melihat kesejahteraan orang-orang yang hidup di sepak bola. Tapi, seperti yang saya katakan, mari kita lihat apakah rumor ini terkonfirmasi atau tidak nantinya. Tapi, secara pribadi saya tidak mendukung ini karena semua punya hak untuk berada di lingkungannya sendiri," tutur Robert.



Dia turut membahas soal tidak adanya kompetisi lain di luar liga. Padahal, idealnya digelar pula turnamen lain seperti Copa Indonesia yang pernah diadakan beberapa tahun lalu. "Saya juga selalu bertanya hal yang sama, dimana Piala FA (turnamen di lura liga)," tegas Robert.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0936 seconds (0.1#10.140)