Atlet Panjat Tebing Indonesia Pecahkan Rekor dan Raih Emas di Kejuaraan Dunia

Sabtu, 29 Mei 2021 - 13:34 WIB
loading...
Atlet Panjat Tebing Indonesia Pecahkan Rekor dan Raih Emas di Kejuaraan Dunia
Atlet panjang tebing Indonesia, Veddriq Leonardo sukses mendulang emas dan memecahkan rekor dunia di Kejuaraaan Dunia Panjang Tebing. Foto: Instagram
A A A
UTAH - Atlet panjang tebing Indonesia, Veddriq Leonardo sukses mendulang emas dan memecahkan rekor dunia di Kejuaraaan Dunia Panjang Tebing . Dia jadi juara usai mengalahkan rekan senegara, Kiromal Katibin di Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat (AS), Sabtu (29/5/2021).



Adu cepat dengan Kiromal nyatanya tidak membuat pria asal Kalimantan Barat itu gemetar. Dengan cepat dia mampu meninggalkan Kiromal saat final Kejuaraan Dunia Panjang Tebing di nomor speed putra .

Veddriq yang mencatat waktu 5,20 detik di tantangan wall dengan ketinggian 15 meter itu lantas menjadikannya sebagai yang tercepat di nomor. Tidak ahanya itu, dia bahkan memecahkan rekor yang sebelumnya sudah dikuasai oleh Kiromal.

Kiromal sebelumnya adalah atlet panjang tebing tercepat di nomor speed 15 meter. Menariknya Kiromal mencatatkan rekor dunia itu di babak semifinal Kejuaraan Dunia Panjang Tebing di Salt Lake City.

Pada saat itu, Kiromal mampu melesat dengan catatan waktu 5,25 detik. Waktu yang diraih Kiromal di babak semifinal itu pun sebelumnya mampu melangkahi apa yang sudah diraih Veddriq pada babak penyisihan dengan waktu 5,37 detik.

Jadi, dapat dikatakan baik Veddriq dan Kiromal sudah saling bersaing dan memperebutkan catatan rekor dunia sejak awal Kejuaraan Dunia Panjang Tebing 2021 itu berlangsung. Pada laga final, Veddriq dan Kiromal pun saling bersaing untuk menjadi yang terbaik.

Akan tetapi, pada akhirnya Veddriq yang keluar sebagai pemenangan dan berhasil membawa pulang medali emas dari Kejuaraan Dunai Panjang Tebing tersebut. Catatan waktunya yang menyentuh 5,20 detik itu lantas membuatnya menjadi pemegang rekor dunia sebagai yang tercepat menyelesaikan wall 15 meter di nomor speed putra tersebut.

“Mereka (Veddriq dan Kiromal) melakukannya lagi. Veddric Leonardo mengalahkan rekan senegaranya Kiromal Katibin dan mencatatan lagi rekor dunia di nomor speed putra di Salt Lake City, 5,208 detik,” bunyi keterangan yang dikutip dari akun instagram @ifscclimbing.

Tentunya apa yang dilakukan Veddriq dan Kiromal membuat Indonesia sangat bangga. Perjuangan mereka tak sia-sia pergi jauh dari Tanah Air hanya untuk mengharumkan nama bangsa.



Bagi Kiromal, pencapaiannya hingga ke final dan sempat memegang rekor tercepat di nomor speed itu bisa dikatakan sangatlah luar biasa. Apalagi mengingat ia sempat tak bisa pergi ke Amerika Serikat lantaran visa miliknya belum keluar.

View this post on Instagram

A post shared by IFSC (@ifsclimbing)

(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3161 seconds (0.1#10.140)