Dapat Kepercayaan, Koeman Mulai Bangun Skuat Barcelona Juara

loading...
Dapat Kepercayaan, Koeman Mulai Bangun Skuat Barcelona Juara
Dapat kepastian masa depan, Ronald Koeman kini bisa konsentrasi bekerja/Foto/Reuters
BARCELONA - Ronald Koeman kini bisa konsentrasi bekerja setelah Presiden presiden Barcelona Joan Laporta mengakhiri spekulasi masa depannya. Barcelona mempertahankan posisinya sebagai pelatih kepala dan pelatih asal Belanda itu kini fokus 'membangun Barca juara' setelah mendapat dukungan petinggi klub.

Koeman dipastikan akan tetap menangani Barcelona musim depan menyusul pernyataan resmi yang disampaikan Presiden Tim, Joan Laporta . Kini dia tak lagi bingung dengan statusnya bersama Barcelona. Ia pun merasa bisa lebih fokus pada persiapan timnya untuk menyambut kompetisi musim depan.

Baca juga: Gunduli Republik Ceko, Italia Tak Terkalahkan Sejak September 2018

Seperti diketahui, rumor mengenai pemecatan Koeman cukup kencang terdengar beberapa pekan terakhir. Akan tetapi, setelah melakukan pertemuan manajemen tim memutuskan untuk memberikan kesempatan kepada mantan pelatih timnas Belanda itu setidaknya hingga musim depan.



“Saya lega untuk mengatakan bahwa para pemain dan staf saya dapat sepenuhnya fokus pada musim baru sekarang,” jelas Koeman di akun Twitter resminya, Sabtu (5/6/2021).

Baca juga: Pemanasan Jelang Piala Eropa 2020, Spanyol vs Portugal Buntu

“Beberapa minggu terakhir sangat intens, tetapi saya senang bahwa Presiden Joan Laporta memberikan dukungannya kepada saya dan ketenangan telah dipulihkan," lanjtunya.

"Fokus semua orang di klub adalah sama; membangun Barcelona yang menang dan meraih kesuksesan," ujar Koeman lagi.

Sebelum ini, Laporta memang telah memberikan pernyataan singkat terkait rencana tim untuk tetap memakai jasa Koeman musim depan. Meski banyak yang menginginkan Koeman pergi pelatih 58 tahun itu cukup berjasa membangkitkan Barcelona yang terpuruk musim lalu.

Koeman juga mempersembahkan satu trofi Copa del Rey untuk Barcelona. Pencapaian tersebut dirasa tak terlalu buruk jika melihat inkonsistensi yang ditunjukkan Lionel Messi dan rekan-rekan sepanjang musim.



“Setelah merefleksikan selama beberapa periode, kami memutuskan untuk melanjutkan kontrak yang dimiliki oleh Koeman. Kami puas dengan perbincangan yang kami adakan,” ujar Laporta terkait kelanjutan masa depan Koeman di Barcelona.

“Kami berbincang dengan sepenuh hati dan sikap pelatih sangat mendukung. Kami menemukan solusi untuk segala perbedaan. Kami berpikir jika hal ini adalah yang terbaik bagi Barcelona. Kami senang dengan pengumuman ini," pungkasnya.

Barca membiarkan gelar La Liga 2020/2021 lolos dari jangkauan setelah sempat kembali ke persaingan menyusul awal musim yang buruk. Mereka gagal finis di dua besar dan menjalani dua musim berturut-turut tanpa memenangkan gelar liga untuk pertama kalinya sejak 2008. Raihan 79 poin mereka adalah total terendah sejak tahun yang sama, ketika mengumpulkan 67.

Pelatih terakhir yang mendapatkan 76 poin atau lebih sedikit dalam 38 pertandingan pertamanya dengan klub adalah Frank Rijkaard pada 2003/2004 (72 – menang 21, imbang 9, tumbang 8).
(sha)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top