Bela Diri Kempo Indonesia Resmi Jadi Anggota Penuh KORMI

Sabtu, 05 Juni 2021 - 20:23 WIB
loading...
Bela Diri Kempo Indonesia Resmi Jadi Anggota Penuh KORMI
Bela Diri Kempo Indonesia Resmi Jadi Anggota Penuh KORMI. Foto: IST
A A A
JAKARTA - Beladiri Kempo Indonesia (BKI) ditetapkan jadi anggota penuh Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI). Keputusan ini dibacakan oleh Sekretaris Jenderal KORMI, Djainal Abidin Simanjuntak saat Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) Ke-2 KORMI di Tulip Hotel, Tangerang, Banten, 4 Juni 2021.

RAKERNAS KORMI Ke-2 dibuka oleh Deputi 3 Kementerian Pemuda dan Olahraga , Raden Isnanta, dihadiri oleh seluruh pengurus KORMI provinsi dan induk-induk olahraga yang bernaung di bawahnya. Selain BKI ada 8 induk olahraga lain yang juga ditetapkan menjadi anggota penuh.

Baca Juga: Korminas Dukung Kemenparekraf Kuatkan Branding Wisata Bugar

Dalam sambutannya, Ketua Umum KORMI Nasional, Hayono Isman mengatakan, bahwa Revisi UU Tentang Keolahragaan Nasional akan ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada waktu dekat ini. Dalam revisi UU ini, kedudukan KORMI yang sebelumnya hanya berupa Federasi, kini sudah menjadi Komite, sehingga sejajar dengan Komite-Komite lain yang ada di Kemenpora, khususnya bidang olahraga, dimana dari segi alokasi anggaran pun semakin baik, sudah masuk APBN dan APBD, selama ini hanya berupa dana hibah.

BKI yang baru berdiri pada bulan Januari 2021 itu telah mempunyai kepengurusan di 16 Provinsi dan 49 Kabupaten/Kota di Indonesia dan anggota yang sudah mencapai 1000 orang.

Dari seluruh berkas legalitas yang diserahkan BKI ke KORMI untuk diverifikasi dan divalidasi dalam rangka memperoleh status anggota penuh (tetap) dan syarat jumlah kepengurusan ditingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, BKI dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat.

"Kerjasama, kerja bersama dan kerja keras teman-teman di pusat dan daerah itulah yang membuahkan hasil yang membahagiakan ini bahwa BKI per hari ini, Jum'at 4 Juni 2021 telah resmi menjadi anggota penuh (tetap) KORMI Nasional, tinggal pengurus-pengurus Provinsi dan Kabupaten/Kota menindaklanjutinya dengan mengembangkan BKI ini di daerah-daerah." Demikian ucap Gun Gunawan, Ketua Umum PP. BKI usai RAKERNAS KORMI.

Gunawan juga menambahkan bahwa pihaknya akan mempersiapkan segala sesuatunya dalam rangka menghadapi FORNAS VI Di Palembang, Sumatera Selatan, 26 Juni-7 Juli 2022. Persiapan mulai dari menentukan nomor-nomor pertandingan, peraturan pertandingan, pembentukan panitia lokal, pengadaan peralatan pertandingan, wasit dan lain-lain.

Hal ini akan dibahas di Purwakarta, Jawa Barat pada Minggu, 6 Juni 2021.

"Kami siap menjadi tuan rumah pada hari minggu besok tanggal 6 Juni dalam rangka membahas persiapan-persiapan dalam rangka menghadapi Festival Olahraga Nasional (FORNAS) VI di Palembang, tahun 2022 mendatang, sekaligus Pengurus Provinsi Jawa Barat dan 11 pengurus kabupaten/kota yang sudah terbentuk akan mengadakan syukuran atas ditetapkannya BKI menjadi anggota penuh/tetap KORMI ini." Ujar Ketua Umum Pengurus Provinsi BKI Jawa Barat, Iwan Hernawan, dari kediamannya di Purwakarta lewat sambungan telepon.

Di tempat terpisah, Wakil Sekjend PP. BKI yang juga salah satu pendiri BKI, Marlin, menuturkan bahwa beberapa provinsi akan segera terbentuk kepengurusannya, yaitu Aceh, Jawa Tengah, Yogyakarta, Lampung dan Kalimantan Utara. Mereka dalam tahap persiapan. Sampai saat ini ke 16 provinsi yang sudah terbentuk kepengurusan BKI nya adalah Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, NTB dan Papua.
(mirz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2711 seconds (11.97#12.26)