GP Azerbaijan 2021: Lando Norris Dijatuhi Penalti Tiga Grid

Minggu, 06 Juni 2021 - 17:47 WIB
loading...
GP Azerbaijan 2021: Lando Norris Dijatuhi Penalti Tiga Grid
GP Azerbaijan 2021: Lando Norris Dijatuhi Penalti Tiga Grid. Foto: Crash.net
A A A
BAKU - Perubahan susunan pembalap Formula 1 terjadi menjelang start Grand Prix (GP) Azerbaijan 2021. Driver McLaren, Lando Norris, dijatuhi hukuman yang membuatnya mundur tiga posisi saat memulai lomba.

Lando Norris dinyatakan bersalah setelah gagal masuk pit di sesi kualifikasi GP Azerbaijan yang berlangsung di Sirkuit Baku, Sabtu (5/6/2021) lalu. Saat itu semua pembalap diminta segera masuk pit menyusul kecelakaan yang menimpa Antonio Giovinazzi dari tim Alfa Romeo di tikungan 15.

Baca Juga: Leclerc Rebut Pole Position di GP Azerbaijan 2021

Namun, Norris justru terkesan mengabaikan red flag dengan tetap berada di lintasan. Alih-alih masuk pit, pembalap McLaren berusia 21 tahun justru terlibat perdebatan dengan anggota timnya lewat radio tim.

Lewat radio tim, Norris bertanya apakah dia harus menepi atau melanjutkan berada di lintasan. Anggota timnya kemudian menjawab: “Jika kamu bisa, segera ke box,” tapi kemudian Norris menjawab, “Saya tidak bisa. Saya terlambat.”

Komite Keselamatan dan Pengawas Sirkuit Baku melakukan penyelidikan atas insiden tersebut. Hari ini, otoritas balap F1 memutuskan Norris melanggar prosedur red flag dan memberinya penalti tiga grid.

Norris tadinya memenuhi syarat untuk memulai balapan dari posisi keenam sesuai dengan hasil kualifikasi kemarin. Namun, akibat penalti itu, pembalap berdarah Inggris-Belgia harus memulai lomba dari posisi sembilan.

Balapan GP Azerbaijan 2021 sendiri akan berlangsung Minggu (6/6/2021) malam waktu Indonesia. Driver Ferrari, Charles Leclerc, akan memulai lomba dari posisi terdepan setelah ia merebut pole position di sesi kualifikasi.

Baca Juga: Charles Leclerc Akui Dapat Bantuan Saat Rebut Pole Position GP Azerbaijan

Para pembalap diminta mewaspadai tikungan angker yakni (Turn 15) Sirkuit Baku yang membuat empat pembalap celaka selama kualifikasi. Sirkuit jalan raya di Kota Baku memang memiliki tantangan berbeda karena lintasan yang tidak terlalu lebar serta karakteristik tikungan yang menuntut keterampilan bermanuver.
(mirz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1702 seconds (10.177#12.26)