PB PON Tepis Isu Miring Soal Penunjukan Nagita Slavina Sebagai Ikon PON

Senin, 07 Juni 2021 - 05:05 WIB
loading...
PB PON Tepis Isu Miring Soal Penunjukan Nagita Slavina Sebagai Ikon PON
Nagita Slavina saat pemotretan ikon Pekan Olahraga Nasional atau PON XX di Papua, Oktober 2021. Foto: Tangkapan Layar YouTube Rans Entertainment
A A A
JAKARTA - Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua kembali buka suara menyusul polemik penunjukan artis Nagita Slavina sebagai ikon PON. Menurut mereka, keputusan tersebut diambil semata-mata demi mempromosikan acara.

Ketua Bidang II PB PON, Roy Letlora, dalam sambungan telepon kepada MNC Portal Indonesia, Minggu (6/6/2021), mengatakan, Nagita punya pengaruh besar karena jumlah pengikutnya di media sosial. Dengan pengaruhnya tersebut, PB PON berharap Nagita bisa membantu memperkenalkan PON ke publik.

“Di era pandemi seperti sekarang kan kita agak sulit menggelar acara (promosi) yang sifatnya off air; mau konser, dll. Nah, akhirnya, sesuai dengan strategi marketing, kita cari influencer dengan jumlah followers yang besar,” kata Roy Letlora.

Terkait dengan polemik yang muncul setelah penunjukan Nagita Slavina, PB PON justru menyayangkan sikap pemerintah pusat yang dianggap telah melakukan intervensi. Dalam konferensi pers virtual yang digelar dua hari lalu, Jumat (4/6), Menpora Zainudin Amali mengatakan akan segera berkomunikasi dengan PB PON untuk membuka kemungkinan mengganti Nagita sebagai ikon PON.

“Itu kata ‘mengganti’ itu saya kurang sreg. Menurut saya itu bukan suatu solusi, karena apa? Karena di statement mereka (pemerintah pusat) sendiri di awal sudah mengatakan itu kewenangan panitia,” kata Roy.

Lebih jauh, Roy Letlora juga menepis anggapan yang menyebut bahwa penunjukan Nagita sebagai ikon PON XX Papua 2021 tidak mengoptimalkan potensi masyarakat lokal. Kata Roy, ada cukup banyak figur publik nasional yang berasal dari Papua yang dilibatkan dalam PON XX Papua 2021. Misalnya, mantan kapten Timnas Indonesia Boaz Solossa dan penyanyi jebolan Indonesian Idol, Nowela Elizabeth Auparay.

“Boaz Solossa, Duta PON XX Papua 2021, kita tugaskan untuk sosialisai di wilayah Papua. Kita juga sedang merancang program Go to PON di mana akan melibatkan Nowela,” lanjut Roy.

Suami Nagita Slavina, Raffi Ahmad, akhirnya menghubungi Roy Letlora, Minggu (6/6/2021) pagi. Dalam perbincangan tersebut, kata Roy, Raffi mengaku sedikit kecewa dengan keadaan. Sebab, ia berusaha membantu pekerjaan PB PON akan tetapi justru mendapat kesan negatif dari masyarakat.

“Tapi kita (PB PON dan Raffi-Nagita) sudah komitmen untuk jalan terus,” kata Roy.

Sebelumnya diberitakan, polemik penunjukan pasangan artis dengan 53 juta pengikut di Instagram, Raffi-Nagita, sebagai ikon PON XX Papua 2021 mencuat ke publik setelah komika asal Papua, Arie Kriting, mengunggah berita tersebut ke media sosial. Menurut Arie, pemilihan Nagita Slavina telah meresahkan warga Papua sendiri.
(mirz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1247 seconds (10.55#12.26)