Dijatuhi Sanksi Gara-Gara Telanjang Dada, Quartararo: Saya Tidak Membahayakan Siapa Pun

loading...
Dijatuhi Sanksi Gara-Gara Telanjang Dada, Quartararo: Saya Tidak Membahayakan Siapa Pun
Fabio Quartararo memberikan komentar pasca dirinya dijatuhi sanksi atau tambahan penalti tiga detik usai melakukan aksi yang dilakukannya pada lap akhir balapan di MotoGPCatalunya, Minggu (6/6/2021) malam WIB / Foto: Twitter MotoGP
CATALUNYA - Fabio Quartararo memberikan komentar pasca dirinya dijatuhi sanksi atau tambahan penalti tiga detik usai melakukan aksi yang dilakukannya pada lap akhir balapan di MotoGP Catalunya , Minggu (6/6/2021) malam WIB. Dia mengklaim sangat berterima kasih atas permintaan sanksi dari beberapa pihak.

Pada balapan seri ketujuh yang penuh drama itu, Quartararo sengaja menurunkan retsleting wearpack dan melepas pelindung dadanya ketika memasuki tiga lap terakhir. Aksi itu sempat terekam sebelum pembalap berjuluk El Diablo itu menaikkan kembali retsleting baju balapnya tersebut.

BACA JUGA: Rossi-Marquez Kecelakaan, Miguel Oliveira Juara MotoGP Catalunya 2021

Sontak saja, aksi Quartararo tersebut mengundang perhatian hingga akhirnya ia resmi dijatuhi sanksi. Menurut laporan yang dikutip dari laman resmi MotoGP, Senin (7/6), ada dua sanksi yang diterima pembalap Petronas Yamaha SRT tersebut.



Pertama, Quartararo mendapatkan penalti tiga detik setelah mengambil jalan pintas (emergency exit) di antara tikungan 1 dan tikungan 2 pada lap ke-22. Kedua, dia dikenakan tambahan penalti tiga detik berdasarkan hasil penyelidikan saat ia membalap tanpa setelan yang lengkap.

BACA JUGA: Klasemen Pembalap Usai MotoGP Catalunya 2021: Miguel Oliveira Naik Tiga Tingkat

Hal itu membuat Quartararo diturunkan ke peringkat keempat dan urutan ketiga otomatis menjadi milik Jack Miller (Ducati) yang finis di belakang El Diablo.

"Untuk berkendara tanpa setelan kulitnya yang terpasang dengan benar dan tanpa pelindung dada yang diperlukan, pemimpin klasemen Kejuaraan Dunia Fabio Quartararo telah diberikan penalti tiga detik yang diterapkan pada hasil balapan MotoGP Catalunya," demikian pernyataan resmi MotoGP.

Merespon sanksi tersebut, Quartararo mengklaim bahwa dirinya tidak membahayakan pembalap lain. Tapi, pembalap asal Prancis itu menerimanya karena ia bisa melihat pembalap yang bermuka dua.

"Selamat kepada semua orang yang telah meminta sanksi lain untuk diterapkan. Saya tidak membahayakan siapa pun sebagai pembalap dan sulit bagi saya untuk berkendara seperti itu. Tapi tidak apa-apa untuk melihat wajah sebenarnya dari beberapa orang," tulis Quartararo pada akun media sosial pribadinya.



Disamping itu, Quartararo juga berterima kasih pada penggemarnya yang tetap memberikan dukungan. "Terima kasih saja kepada semua orang yang mendukung saya dan yang telah membantu saya di masa-masa sulit ini. Sampai jumpa lagi!."
(mirz)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top