Indonesia Ingin SEA Games 2021 Tetap Digelar Sesuai Jadwal

Senin, 07 Juni 2021 - 21:02 WIB
loading...
Indonesia Ingin SEA Games 2021 Tetap Digelar Sesuai Jadwal
Indonesia berharap SEA Games 2021 Vietnam tetap digelar sesuai jadwal/Foto/Twitter
A A A
JAKARTA - Indonesia berharap SEA Games 2021 Vietnam tetap digelar sesuai jadwal. Tapi, jika terpaksa harus ditunda, Indonesia menerima demi keselamatan atlet dan sebagai bentuk solidaritas ASEAN.

SEA Games 2021 Vietnam rencananya digelar di Kota Hanoi, pada 21 November-2 Desember 2021. Namun, angka pasien positif Covid-9 yang terus meningkat membuat pesta olahraga Asia Tenggara tersebut terancam ditunda. Sejumlah negara peserta pun mulai memberikan respons terkait kabar tersebut.



Ada kemungkinan SEA Games 2021 ditunda hingga Maret atau Juni 2022. Itu pun, pihak penyelenggara masih ragu. Belum lagi, waktunya terlalu mepet dengan SEA Games ke-32 di Kamboja pada Mei 2023.

Pemerintah Indonesia melalui Sekretaris Menpora (Sesmenpora), Gatot S Dewa Broto mengatakan masih berharap gelaran SEA Games 2021 bisa tetap dilangsungkan tentunya dengan protokol kesehatan yang ditetapkan.



Namun, Gatot mengatakan hingga saat ini pihak Indonesia masih menunggu kabar terkini terkait kelanjutan gelaran SEA Games 2021.

"Masih menunggu (kabar dari) Vietnam, karena Indonesia termasuk yg keberatan penundaan mengingat tahun depan ada Asian Games," ujar Gatot kepada pihak MPI, Senin (7/6/2021).

"Tetapi jika sangat terpaksa diundur, tidak ada pilihan lain, selain masalah keselamatan atlet, juga sebagai bentuk solidaritas ASEAN," ungkapnya.

"Bahwasanya anggaran latihan sudah keluar, ya apa boleh buat, yg penting ada alasan resmi jika memang mundur. Semoga penerintah vietnam bisa mengambil keputusan yang terbaik," ujarnya lagi.

Gatot pun mengambil contoh kasus pada ajang Olimpiade Tokyo 2020 yang juga harus ditunda akibat pandemi Covid-19. Pihak menpora juga memberikan pesan kesadaran kepada atlet untuk memaklumi situasi yang terjadi tanpa mengendurkan motivasi yang ada.

"Dulu Olimpiade Tokyo mundur juga semua negara bisa memaklumi. Kemudian kepada semua atlet kami berikan kesadaran bahwa itu dialami oleh banyak negara juga," pungkasnya.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3189 seconds (0.1#10.140)