Piala Eropa 2020 Sebentar Lagi Digelar, Pelatih Inggris Malah Kelimpungan

Rabu, 09 Juni 2021 - 13:03 WIB
loading...
Piala Eropa 2020 Sebentar Lagi Digelar, Pelatih Inggris Malah Kelimpungan
Piala Eropa 2020 akan digelar mulai 12 Juni. Tapi, pelatih Inggris, Gareth Southgate terlihat kelimpungan. Dia mengaku belum menemukan komposisi pemain yang tepat. Foto: reuters
A A A
LONDON - Piala Eropa 2020 akan segera digelar mulai 12 Juni. Tapi, pelatih Inggris, Gareth Southgate masih kelimpungan. Pasalnya, sampai saat dia belum juga menemukan komposisi pemain yang tepat, khususnya saat melawan Kroasia pada pertandingan pertama.



Inggris tergabung di Grup D di Piala Eropa 2020. The Three Lions nantinya akan bersaing dengan Kroasia, Republik Ceko, dan Skotlandia untuk memperebutkan tiket ke babak 16 besar. Pada laga pembuka, Inggris akan menjamu Kroasia di Stadion Wembley, Minggu (13/6/2021), dini hari WIB.

Inggris sempat menjalani dua laga uji coba sebelum Piala Eropa 2020 dimulai, yaitu melawan Austria dan Rumania. Seluruh partai yang berlangsung di Stadion Riverside, Middlesbrough, itu dimenangkan tuan rumah dengan skor 1-0.

Seharusnya, Southgate sudah punya kerangka pemain inti untuk berlaga di Piala Eropa 2020. Akan tetapi, dia justru belum menentukan siapa saja yang akan diturunkan untuk pertandingan pertama kontra Kroasia.

“Tim terbaik untuk pertandingan melawan Kroasia mungkin bukan tim terbaik untuk pertandingan melawan Skotlandia (pertandingan kedua). Kami harus memastikan, bahwa kami memutuskan itu dengan benar,” kata Southgate, dikutip dari Goal International.

“Tentu saja saya dan Steve (Holland, asisten pelatih) telah memantau para pemain ini dengan cermat selama 12 bulan, jadi meskipun kami belajar dari pertandingan-pertandingan ini, ada juga hal-hal yang telah kami lihat dalam jangka waktu yang lebih lama,” ucapnya.

Southgate menyatakan akan segera memutuskan pemain terbaiknya yang akan masuk starting line-up. Meski demikian, Southgate menyatakan susunan pemain inti masih bisa berubah seandainya terjadi cedera.

“Pertandingan (uji coba) itu mengkonfirmasi banyak hal bagi kami. Saya punya pemikiran sendiri. Tapi, semua staf pelatih (Timnas Inggris) juga begitu. Kami berkumpul untuk mendiskusikan hal-hal itu, lalu membicarakannya serta menguji keputusan yang akan kami buat,” jelas Southgate.

Jadi, Southgate akan menentukan pemain inti Timnas Inggris sesuai dengan kebugaran pemain dan lawan yang akan dihadapi. Susunan pemain inti Timnas Inggris mungkin sedikit berbeda dalam setiap pertandingan tergantung kondisi pada saat itu.

“Namun, kami memiliki pelatihan satu minggu lagi untuk dilalui juga. Setiap kali saya menulis tim di secarik kertas selama 12 bulan terakhir, saya harus mengeluarkan pensil dengan karet (penghapus) dan menggantinya karena kami telah kehilangan orang,” ujarnya.



“Jadi, saya benci untuk menulisnya dengan tinta. Semoga kami dapat menghindari cedera atau masalah penyakit dalam beberapa hari ke depan,” pungkasnya.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2476 seconds (0.1#10.140)