Soal Sandy Walsh, PSSI Tunggu Shin Tae-yong Pulang ke Tanah Air

loading...
Soal Sandy Walsh, PSSI Tunggu Shin Tae-yong Pulang ke Tanah Air
Sandy Walsh memperlihatkan lambang Garuda. Pemain berdarah Indonesia-Belanda yang merumput di Belgia itu mengaku ingin gabung Timnas Indonesia. Foto: Instagram/@sandywalsh
JAKARTA - Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) buka suara menyusul keinginan Sandy Walsh gabung Timnas Indonesia . Menurut PSSI, pintu untuk merekrut pemain berdarah Indonesia-Belanda itu belum sepenuhnya tertutup.

Sekjen PSSI , Yunus Nusi, saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Kamis (10/6/2021), mengatakan, PSSI tidak pernah mengintervensi rencana merekrut pemain asing ke dalam Skuat Garuda. Sebab, keputusan terkait materi pemain adalah kewenangan pelatih Shin Tae-yong .

Baca Juga: PSSI Akan Proses Pengajuan Naturalisasi Sandy Walsh pada Awal Tahun Depan

Soal naturalisasi pemain, Yunus mengatakan bahwa Shin Tae-yong sudah mengajukan permohonan sejak tahun lalu, tepatnya ketika mempersiapkan Timnas Indonesia U-19 tampil di ajang Piala Dunia U-20 2021. Namun, rencana tersebut urung terlaksana lantaran FIFA menunda Piala Dunia U-20 2021 ke tahun 2023.



“Karena Piala Dunia (U-20) batal, maka (rencana naturalisasi pemain) ter-cancel dengan sendirinya,” kata Yunus.

Soal keinginan Sandy Walsh gabung Timnas Indonesia, Yunus mengatakan PSSI siap mengakomodasi kebutuhan tim apabila itu sesuai dengan yang diminta Shin Tae-yong. Namun, lanjut dia, sampai saat ini pelatih asal Korea Selatan belum mengajukan nama-nama pemain asing untuk dinaturalisasi.

“Jadi kami tunggu kebutuhan tim yang akan diajukan oleh Shin Tae-yong, apakah ada keinginan untuk naturalisasi atau tidak. Kita tunggu rekomendasi Shin Tae-yong nanti. Shin Tae-yong masih konsen untuk persiapan pra kualifikasi yang saat ini berlangsung di Dubai,” kata Yunus.

Shin Tae-yong memang saat ini tengah fokus memimpin Timnas Indonesia melakoni fase Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Meski sudah dipastikan tak lolos ke Piala Dunia 2022, Evan Dimas dkk masih berjuang menghadapi Uni Emirates Arab (UEA) di Zabeel Stadium, Dubai, Jumat (11/6/2021) malam.

Terpisah, Sandy Walsh sendiri mengklaim dirinya telah mendapat tawaran untuk gabung Timnas Indonesia langsung dari pelatih Shin Tae-yong. Namun, bek 26 tahun asal klub Belgia KV Mechelen itu batal tampil membela Merah Putih di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 karena merasa tidak mendapatkan lampu hijau dari PSSI.

Di media sosial, sejumlah netizen mengaitkan batalnya rencana Sandy Walsh gabung Timnas Indonesia akibat sosok Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, yang dicap anti-pemain asing. Soal ini, Yunus memastikan anggapan tersebut keliru.

“Saya sudah konfirmasi sendiri ke Indra Sjafri, dia tidak pernah mengatakan hal demikian. Bila Shin Tae-yong minta rekomendasi, maka PSSI pasti akan menindaklanjutinya,” kata Yunus.
(mirz)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top