Mengenang Satu Dekade Balapan Terpanjang dalam Sejarah Formula 1

Sabtu, 12 Juni 2021 - 23:59 WIB
loading...
Mengenang Satu Dekade Balapan Terpanjang dalam Sejarah Formula 1
Momen kecelakaan di GP Kanada 2011. Foto: Twitter/Formula 1
A A A
MONTREAL - Hari ini tepat 10 tahun yang lalu, GP Kanada menggelar balapan dengan durasi waktu terpanjang dalam sejarah grand prix Formula 1 . Race yang dimenangkan Jenson Button itu memakan waktu hingga 4 jam 4 menit.

Pada 12 Juni 2011 di Sirkuit Gilles Villeneuve, Montreal, Kanada, pembalap Ferrari Sebastian Vettel memimpin perlombaan dari posisi pole, setelah menguasai sesi kualifikasi. Vettel dibuntuti dua pembalap McLeren yakni Jenson Button dan Lewis Hamilton.



Usaha untuk mendekati posisi pemimpin lomba membuat Button dan Hamilton yang notabene rekan satu tim justru terlibat kecelakaan. Bendera merah dikibarkan untuk menghentikan sementara balapan sekaligus memberi waktu petugas membersihkan lintasan dari puing-puing mobil.

Setelah balapan berlanjut, tepatnya ketika memasuki lap ke-26, lintasan mendadak basah akibat diguyur hujan. Di tengah situasi itu, Button kembali terlibat kecelakaan yang menyebabkan Fernando Alonso mundur dari balapan, sedangkan Button jatuh ke posisi terakhir.

Selama sisa balapan, Button berhasil merayap naik dari posisi ke-21 menjadi posisi pertama melewati Mark Webber dan Michael Schumacher . Setelah melewati 70 putaran (lap), Button berhasil menjadi pembalap pertama yang menyentuh garis finis.

Dari start sampai pembalap terakhir menyentuh garis finis, GP Kanada 2011 memakan durasi waktu sampai 4 jam 4 menit. Menurut Formula 1, race tersebut merupakan yang terpanjang dalam sejarah grand prix.

“Sepuluh tahun lalu. Balapan terpanjang dalam sejarah Formula 1; menampilkan hujan deras, sungguh balapan yang luar biasa. Jenson Button berada pada penampilan terbaiknya,” tulis Formula 1 dalam postingan teranyarnya di Twitter, Sabtu (12/6/2021).

Akhir pekan ini seharusnya menjadi momentum untuk merayakan kembali GP Kanada yang legendaris. Otoritas balap F1 sudah memasang GP Kanada digelar Minggu (13/6/2021) waktu setempat. Sayang, pada bulan April 2021, Kanada memutuskan keluar dari kalender balap Formula 1 tahun akibat pandemi virus corona.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2014 seconds (0.1#10.140)