Libas Venezuela, Brasil Awali Copa America 2021 dengan Sempurna

Senin, 14 Juni 2021 - 06:03 WIB
loading...
Libas Venezuela, Brasil Awali Copa America 2021 dengan Sempurna
Brasil memulai kampanyenya di Copa America 2021 dengan cukup meyakinkan. Negeri Samba memanfaatkan keuntungan tuan rumah dengan mengalahkan Venezuela 3-0. Foto: reuters
A A A
BRASILIA - Brasil memulai kampanyenya di Copa America 2021 dengan cukup meyakinkan. Negeri Samba memanfaatkan keuntungan tuan rumah dengan mengalahkan Venezuela 3-0 pada laga pembuka Grup B, Senin (14/6/2021).



Copa America edisi ke-47 ini seharusnya digelar pada tahun lalu dan bertempat di Argentina dan Kolombia. Tapi, akibat pandemi virus Corona, kick-off diundur selama setahun mulai 13 Juni – 10 Juli 2021 waktu setempat.

Lokasinya juga dipindahkan ke Brasil. Semula sejumlah pemain sempat memprotes karena Brasil tiba-tiba dipilih sebagai penyelenggara. Tapi, pada akhirnya Neymar dkk bersedia tampil walau warga setempat masih menolak penyelenggaraan Copa America 2021.

Jumlah peserta ikut berkurang, dari biasanya 12 tim, termasuk dua undangan, kini hanya diikuti 10 negara. Ini lantaran Australia dan Qatar mengundurkan diri. Imbasnya, hanya ada dua grup dengan lima perserta per grup.

Grup A atau zona selatan berisi Argentina, Bolivia, Uruguay, Chile dan Paraguay. Sementara Grup B atau zona utara dihuni Brasil, Kolombia, Venezuela, Ekuador dan Peru. Penonton juga tidak diperbolehkan hadir guna mencegah penyebaran virus Corona.

Meski tidak mendapat dukungan langsung dari fans, Brasil tetap tampil dominan di Estadio Nacional de Brasilia. Terbantu pula kondisi Venezuela yang skuadnya pas-pasan lantaran delapan pemainnya terpapar virus Corona, tuan rumah bisa mengatur jalannya pertandingan.

Hasilnya, Brasil bisa unggul 1-0 pada menit ke-23 melalui Marquinhos. Namun, setelah itu tidak ada gol lagi hingga rehat. Skor baru berubah lagi menjadi 2-0 di menit ke-64 lewat Neymar dari tendangan penalti.

Wasit menunjuk titik putih setelah Yohan Cumana menjatuhkan Danilo. Sementara gol ketiga lahir menjelang akhir pertandingan atas nama Gabriel Barbosa. Dia sukses menyundul umpan matang Neymar.



Hingga peluit panjang berbunyi, Venezuela tidak bisa mencetak gol balasan. Dengan demikian, Brasil berhak mendulang tiga poin lantaran menang 3-0. Ini menjadi modal positif saat nanti melawan Peru pada laga kedua, Jumat (18/6/2021).
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1783 seconds (0.1#10.140)