Profil Markis Kido, Pebulu Tangkis Peraih Emas Olimpiade 2008

Senin, 14 Juni 2021 - 21:09 WIB
loading...
Profil Markis Kido, Pebulu Tangkis Peraih Emas Olimpiade 2008
Dunia bulu tangkis Indonesia dikejutkan dengan kabar meninggalnya Markis Kido. Pebulu tangkis bertubuh gempal itu merupakan salah satu pemain yang pernah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional / Foto: Pinterest
A A A
JAKARTA - Dunia bulu tangkis Indonesia dikejutkan dengan kabar meninggalnya Markis Kido . Pebulu tangkis bertubuh gempal itu merupakan salah satu pemain yang pernah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Markis Kido adalah salah satu pemain bulu tangkis ganda putra Indonesia. Bakatnya mulai tercium sejak 2000, ketika meraih dua medali perunggu di Kejuaraan Junior Asia.

Pasangannya ketika itu pun tak bisa dianggap remeh. Di ganda putra, dia berpasangan dengan Riak Sukmawan. Selain itu, dia juga beradu di nomor ganda campuran bersama legendaris lainnya, Liliyana Natsir.

BACA JUGA: Susy Susanti: Markis Kido Putra Terbaik Indonesia

Setelah beberapa tahun bertanding di dua disiplin sekaligus, baru pada 2005 Markis Kido berkonsentrasi di ganda putra. Dia pun bersanding dengan Hendra Setiawan.

Bersama-sama, duet Markis Kido/Hendra Setiawan meraih banyak gelar. Di antaranya medali emas Olimpiade 2008, memenangkan Piala Dunia 2006, serta juara dunia BWF 2007 dan 2010.

Tidak hanya itu, Markis Kido juga menjuarai Asian Games 2010, serta tujuh medali emas SEA Games. Markis Kido melengkapi prestasinya dengan 10 gelar Superseries.

BACA JUGA: Markis Kido Meninggal Dunia, Hendra Setiawan Kehilangan Partner Terbaik

Pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan pernah menduduki peringkat pertama dunia IBF untuk ganda putra pada September 2007. Mereka adalah pasangan andalan Indonesia setelah pensiunnya pasangan Chandra Wijaya/Sigit Budiarto dan meredupnya pasangan Luluk Hadianto/Alvent Yulianto Chandra.

Tak hanya menjadi pemain legendaris yang menyumbangkan banyak titel, Markis Kido juga merupakan mentor yang baik. Hal itu tampak ketika dia menjadi pasangan Marcus Fernaldi Gideon pada periode 2013 hingga 2015.

Namun cedera yang dialami Kido, membuatnya kini memilih mundur sebagai pemain profesional. Meski begitu kegiatannya masih tak jauh dari lapangan bulutangkis. Sebelum meninggal, Markis Kido menjadi pelatih ganda putra U-15 dan U-17 di klub yang membesarkan namanya, PB Jaya Raya.

Talenta dalam dunia bulu tangkis juga mengalir dalam keluarganya. Markis Kido merupakan kakak kandung dari Bona Septano dan Pia Zebadiah Bernadet yang juga penghuni pelatnas Cipayung.

Bona merupakan pemain ganda putra yang berpasangan dengan Mohammad Ahsan. Sedangkan adiknya, Pia adalah pemain ganda campuran yang saat ini berpasangan dengan Fran Kurniawan.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3043 seconds (0.1#10.140)