Lolos ke 16 Besar, Pelatih Wales: Rasanya Seperti Mengalahkan Italia

loading...
Lolos ke 16 Besar, Pelatih Wales: Rasanya Seperti Mengalahkan Italia
Gareth Bale (belakang) saat Timnas Wales menghadapi Italia di Piala Eropa 2020, Minggu (20/6/2021) Foto: REUTERS/Alberto Lingria
ROMA - Timnas Wales lolos ke babak 16 besar meski kalah 0-1 melawan Italia di matchday terakhir Grup A Piala Eropa 2020 . Pelatih Wales, Robert Page, mengapresiasi kelolosan timnya.

Menghadapi Italia di Stadion Olimpico, Roma, Minggu (20/6/2021) waktu setempat, Wales kalah lewat gol tunggal Matteo Pessina di menit ke-39. Setelah turun minum, tepatnya di menit ke-55, Wales berhasil menahan gempuran meski dengan 10 pemain menyusul kartu merah Ethan Ampadu.

Baca Juga: Swiss Pesta Gol, Wales Temani Italia ke Babak 16 Besar

Robert Page, yang ditunjuk dadakan menggantikan Ryan Giggs menukangi Timnas Wales di Piala Eropa 2020, memberi kredit tersendiri buat 10 pemainnya di sisa pertandingan melawan Italia. Menurut Page, meski kalah, ia merasa seakan-akan timnya memenangkan pertandingan karena bisa lolos ke babak 16 besar.

“Rasanya seperti menang karena kami berhasil mendapat tempat kedua. Cukup sulit (melawan Italia) dengan 11 orang tetapi kami mampu melakukannya dengan sepuluh orang,” kata Robert Page dikutip laman UEFA, Senin (21/6/2021).

“Penghargaan untuk para pemain. Saya tidak bisa berbicara banyak tentang mereka, saya tidak bisa lebih bangga daripada mereka,” lanjutnya.



Timnas Wales lolos sebagai runner up Grup A di bawah Italia. Skuat berjuluk Naga Merah berhak melaju ke babak 16 besar setelah mengumpulkan empat poin melalui satu kemenangan, satu hasil imbang, dan sekali kalah selama fase grup.

Di babak 16 besar, Wales masih harus tunggu calon lawan. Menurut regulasi, Gareth Bale dkk akan menghadapi runner up Grup B yang kemungkinannya adalah Belgia, Rusia, atau Finlandia.

Sementara itu, Italia yang lolos sebagai juara Grup A akan menghadapi runner up Grup C yakni Ukraina atau Rusia. Kepastian calon lawan Italia akan ditentukan pada matchday terakhir Grup C yang digelar malam ini, Senin (21/6/2021) pukul 23.00WIB.

Babak 16 besar Piala Eropa 2020 sendiri akan berlangsung 27-29 Juni 2021 mendatang. Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNews TV.
(mirz)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top