Lima Fakta Menarik Kemenangan Kroasia atas Skotlandia

Rabu, 23 Juni 2021 - 11:01 WIB
loading...
Lima Fakta Menarik Kemenangan Kroasia atas Skotlandia
Lima Fakta Menarik Kemenangan Kroasia atas Skotlandia. Foto: UEFA
A A A
GLASGOW - Timnas Kroasia lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020 setelah mengalahkan Skotlandia di laga terakhir Grup D. Sejumlah fakta menarik tersaji dari laga itu.

Menghadapi Skotlandia di Hampden Park, Glasgow, Rabu (23/6/2021) waktu Indonesia, Timnas Kroasia berhasil menang dengan skor 3-1. Gol Kroasia dicetak Nikola Vlasic (17’), Luka Modric (62’), dan Ivan Perisic (77’). Sedangkan gol tunggal Skotlandia dicetak Callum McGregor (42’).
Lima Fakta Menarik Kemenangan Kroasia atas Skotlandia

Ini sekaligus menandai kemenangan perdana Kroasia di Piala Eropa 2020 setelah pada dua pertandingan sebelumnya mereka menuai hasil sekali imbang dan sekali kalah. Kroasia lolos sebagai runner up berbekal empat poin— hanya unggul selisih gol atas Republik Ceko .

Sementara bagi Skotlandia, kekalahan ini membuat mereka dipastikan tersingkir dari Piala Eropa 2020 tanpa kemenangan. Dari tiga laga di fase grup, Andy Robertson dan kompatriotnya menelan dua kekalahan dan sekali hasil imbang.

Di luar catatan di atas, sejumlah fakta menarik tersaji di pertandingan tersebut. Berikut ulasan ringkasnya:

(1) Skotlandia belum pernah lolos ke fase gugur di turnamen besar Piala Eropa dan Piala Dunia. Dalam 11 kesempatan tampil di putaran final, Skotlandia selalu terhenti di babak penyisihan grup.

(2) Luka Modric, 35 tahun 286 hari, menjadi pencetak gol Kroasia tertua sepanjang sejarah. Modric juga masih memegang rekor pencetak gol termuda di Kroasia ketika meenjebol gawang Austria di Euro 2008 pada usia 22 tahun 273 hari.

(3) Callum McGregor adalah pemain Skotlandia pertama yang mencetak gol di Piala Eropa sejak Ally McCoist mencetak gol ke gawang Swiss pada 18 Juni 1996. Skotlandia telah mencetak 46 tembakan tanpa gol di kompetisi ini.

(4) Ini merupakan kekalahan kedua Skotlandia dalam 10 penampilan terakhir di Hampden Park. Dua kekalahan itu celakanya terjadi di Piala Eropa 2020 tepatnya pada matchday pertama melawan Republik Ceko.

(5) Perisic mencetak gol untuk menandai penampilan internasionalnya yang ke-100. Dia menjadi pemain Kroasia kesembilan yang mencapai jumlah caps sampai tiga digit.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)