Timnas Indonesia Tempati Peringkat Ketiga Tim Fair Play di Asia Tenggara

Rabu, 23 Juni 2021 - 22:04 WIB
loading...
Timnas Indonesia Tempati Peringkat Ketiga Tim Fair Play di Asia Tenggara
Timnas Indonesia menempati peringkat ketiga sebagai tim paling fair play di antara tim-tim Asia Tenggara selama menjalani Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia / Foto: PSSI
A A A
JAKARTA - Timnas Indonesia menempati peringkat ketiga sebagai tim paling fair play di antara tim-tim Asia Tenggara selama menjalani Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Lantas bagaimana perhitungannya hingga Timnas Indonesia bisa berada di peringkat ketiga dalam peringkat fair play tersebut?

Berdasarkan data dari Asian Football Confederation (AFC), setiap tim yang mendapatkan kartu kuning, maka akan ada pengurangan satu poin fair play. Lalu dua kartu kuning dalam satu laga alias kartu merah tak langsung, maka pengurangan tiga poin fair play dilakukan. Terakhir, jika mendapatkan kartu merah, maka tim tersebut akan dikurangi empat poin fair play.

BACA JUGA: Preview Portugal vs Prancis: Menanti Drama Ronaldo di Laga Terakhir

Indonesia sendiri mendapatkan 13 kartu kuning oleh wasit dari delapan pertandingan di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia tersebut. Paling banyak Timnas Indonesia mendapatkan kartu kuning adalah saat melawan Vietnam, di mana total dari dua pertemuan, skuad Garuada menerima delapan kartu kuning.

Jadi, poin fair play Timnas Indonesia hanya -13. Hal itulah yang membuat skuad asuhan Shin Tae-yong itu menempati peringkat ketiga sebagai tim paling fair play di Asia Tenggara pada ajang babak kedua Kualifikasi Piala Dunai 2022 Zona Asia.

Vietnam menjadi tim perwakilan Asia Tenggara yang paling bersih mainnya saat Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Tercatat Vietnam hanya mendapatkan total -9 poin saja. Hebatnya Vietnam tak hanya menjadi tim yang paling bermain bersih di Asia Tenggara, namun mereka juga menjadi perwakilan satu-satunya dari ASEAN yang lolos ke babak ketiga.

BACA JUGA: Preview Slovakia vs Spanyol: Akhir Menegangkan!

Lalu di peringakt kedua dalam daftar tim paling fair play di Asia Tenggara dihuni oleh Thailand dan Filipina. Kedua tim tersebut sama-sama mengoleksi -11 poin.

Lantas tim mana yang paling tidak fair play di Asia Tenggara saa menjalani babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia tersebut? Maka jawabannya adalah Malaysia dan Myanmar.

Malaysia yang juga tergabung dengan Timnas Indonesia di Grup F itu tercatat memiliki -20 poin. Sedangkan Myanmar memiliki -21 poin.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1309 seconds (0.1#10.140)