Portugal Gagal Pertahankan Gelar Piala Eropa, Santos Beber Suasana Kamar Ganti

Senin, 28 Juni 2021 - 14:00 WIB
loading...
Portugal Gagal Pertahankan Gelar Piala Eropa, Santos Beber Suasana Kamar Ganti
Cristiano Ronaldo (kanan) saat Portugal tersisih dari Piala Eropa 2020. Foto: REUTERS/Thanassis Stavrakis
A A A
SEVILLE - Timnas Portugal dipastikan gagal mempertahankan gelar setelah tersingkir melawan Belgia di babak 16 besar Piala Eropa 2020 . Pelatih Fernando Santos membeberkan suasana kamar ganti pemainnya penuh dengan tangis dan kekecewaan.

Menghadapi Belgia di Estadio de La Cartuja, Seville, Senin (28/6/2021) dini hari WIB, Portugal sebetulnya lebih banyak mencetak peluang dan mendominasi penguasaan bola. Namun, skuat arahan Fernando Santos kalah 0-1 lewat gol tunggal Thorgan Hazard di menit ke-42.



Kekalahan tersebut membuat Portugal, yang memegang gelar Piala Eropa 2016, terpaksa pulang lebih awal di turnamen ini. Sebaliknya, Timnas Belgia berhak lolos ke babak perempat final di mana mereka akan menghadapi Italia di Munich, Jerman, Jumat (2/7/2021) mendatang.

Setelah pertandingan, Fernando Santos mengungkapkan bahwa Cristiano Ronaldo dkk menangis di kamar ganti. Timnas Portugal, kata Santos, sudah mencurahkan segalanya untuk mempertahankan gelar akan tetapi nasib berkata lain.

“Beberapa pemain menangis di kamar ganti. Mereka sudah memberikan segalanya. Belgia memiliki enam tembakan dan mencetak satu gol. Kami punya 29 tembakan dan dua kali membentur tiang. Tapi kekalahan adalah kekalahan,” kata Santos dikutip laman UEFA, Senin (28/6/2021).
Portugal Gagal Pertahankan Gelar Piala Eropa, Santos Beber Suasana Kamar Ganti

Meski demikian, Fernando Santos menolak argumen yang menyebut Timnas Portugal tidak beruntung di edisi Piala Eropa 2020. Menurut pelatih berusia 66 tahun itu, skuatnya harus mengakui diri bahwa mereka gagal mencetak gol di pertandingan krusial.

“Tidak ada keberuntungan atau nasib buruk. Yang ada adalah fakta bahwa Anda kebobolan dan tidak bisa membalasnya,” kata Santos.

Portugal tersingkir dari Piala Eropa 2020 dengan hanya satu kemenangan dari empat pertandingan sejak fase penyisihan grup. Rekor ini menandai catatan kemenangan paling sedikit Timnas Portugal di Piala Eropa sejak edisi 1984.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1948 seconds (0.1#10.140)